oleh

Apes, Kurir Sabu Usia 17 Tahun Terjaring Operasi Yustisi di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Seorang kurir narkoba jenis sabu-sabu yang masih berusia 17 tahun asal Mojokerto terjaring operasi yustisi yang digelar petugas gabungan di Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 08.30 WIB.

Remaja itu berinisial FK (17), asal Dusun Botokpalung, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Hingga saat ini, FK masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek Mojoagung.

“Benar, kami mengamankan seorang remaja yang kedapatan membawa narkoba jenis sabu-sabu pada saat operasi yustisi di depan kantor Polsek Mojoagung,” kata Kapolsek Mojoagung, Kompol Paidi.

Remaja di bawah umur itu tepergok petugas membawa narkotika sabu-sabu yang disembunyikan di dalam bungkus rokok. Sabu itu diduga hendak dikirim ke pemesannya.

“Betul, dugaan sementara tersangka merupakan kurir narkoba sabu-sabu,” ujar Paidi dikonfirmasi Jurnaljatim.com melalui WhatsApp.

Paidi menjelaskan, awalnya personil gabungan menggelar operasi Yustisi dalam rangka pendisiplinan protokol kesehatan COVID-19 terhadap warga pengguna jalan di depan kantor Polsek Mojoagung, jalan raya Gambiran, Desa Gambiran, Kecamatan Mojoagung, Jombang.

Di tengah-tengah razia, tiba-tiba melintas seorang pemuda mengendarai sepeda motor honda beat nopol S 2304 RV warna merah tidak memakai helm serta tidak menggunakan masker. Lalu, pengendara motor itu dihentikan petugas.

“Kemudian dilakukan penggeledahan tubuh, barang bawaan serta kendaraan yang digunakan oleh tersangka,” ujarnya.

Dalam penggeledahan itu, petugas menemukan satu bungkus rokok warna merah yang didalamnya berisikan 9 plastik klip paket hemat sabu dengan berat kotor 2.43 gr dan 1 unit handphone merk oppo A53 warna hitam dari dalam jok kendaraan yang digunakan pemuda itu.

“Selanjutnya, tersangka dan barang bukti kami amankan ke Polsek Mojoagung guna penyidikan lebih lanjut,” jelasnya.

Remaja di bawah umur itu diduga kuat kurir narkoba antar daerah. Ia dijerat pasal 114 (1) Jo pasal 112 (1) Jo pasal 127 (1) huruf a Undang Undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

 

Editor: Azriel