oleh

Silaturahmi ke Pesantren Wujud Kedekatan Polres Jombang Dengan Ulama

Jombang, Jurnal Jatim – Kabag Ops Kompol Mohammad Puji dan Kasatresnarkoba Polres Jombang AKP Mochamad Mukid silaturahmi ke Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Kamis (17/12/2020).

Kunjungan silaturahmi dua pejabat utama (PJU) Polres Jombang tersebut merupakan wujud kedekatan polisi dengan kiai, ulama dan masyarakat.

Di Pesantren tempat kelahiran Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid, kedatangannya disambut pengasuh pondok, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam.

Dalam kesempatan itu, Kompol Puji menyampaikan pesan sekaligus mengharapkan peran serta Kiai Abdussalam untuk dapat menciptakan wilayah Jombang yang aman kondusif.

KH Abdussalam Shohib merupakan sepupu KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Yakni, ibu Gus Dur adalah kakak dari Shohib Bisri yang merupakan ayah Gus Salam.

Selain sebagai pengasuh pondok yang didirikan KH Bisri Syamsuri, Gus Salam saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua PWNU (Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama) Jawa timur.

“Silaturahmi dapat meningkatkan kemitraan dan juga sinergitas dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas yang aman dan kondusif utamanya di wilayah Kabupaten Jombang,” kata Puji.

Ia berharap dapat bersama-sama mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme maupun anti Pancasila yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami sampaikan agar jangan mudah terprovokasi oleh berita-berita yang belum tentu benar (hoaks),” ujarnya.

Kasatresnarkoba AKP Moch Mukid menambahkan hendaknya semua masyarakat menaati peraturan yang berlaku di Indonesia.

“Semua warga harus taat peraturan hukum di Negara Indonesia. Jangan sampai dipecah belah sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab. NKRI harga mati,” tegas Mukid.

Di masa pandemi COVID- 19, Mukid mengharapkan peran serta para kiai dan ulama menyosialisasikan 3M, protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID 19 kepada warga masyarakat, khususnya umat muslim.

“Dengan begitu, penyebaran virus corona di Kabupaten Jombang bisa diminimalisir,” ujarnya.

Sementara itu, Gus Salam menyampaikan terima kasih atas kunjungan silaturrahmi tersebut. Menurutnya silaturrahmi akan semakin meningkatkan hubungan yang baik antara tokoh agama dengan kepolisian.

“Sehingga akan berdampak positif bagi perkembangan situasi Kamtibmas khususnya di Kabupaten Jombang,” ungkapnya.

 

 

Editor: Azriel