Madrasah Tsanawiyah di Jombang Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Lewat Program Ini

Jombang, Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Jombang Jawa Timur belum lama ini meluncurkan program Arabic Club (AC) untuk meningkatkan kemampuan berbahasa arab didik.

Program itu merupakan langkah penting dalam upaya peningkatan kualitas akademik dan non-akademik di madrasah tersebut, khususnya dalam hal penguasaan bahasa Arab.

“Program ini diharapkan akan membuka pintu bagi mereka untuk lebih memahami dan menguasai bahasa Arab, yang memiliki nilai penting dalam pemahaman , , dan juga dalam dunia ,” kata kepala Madrasah, Mohammad Masrul.

Melansir laman resmi Kemenag , Minggu (26/11/2023), Arabic Club adalah unit penunjang yang berfungsi dalam koordinasi penyelenggaraan program itu, bekerja sama dengan kepala madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MTsN 3 Jombang.

Program tersebut memiliki visi untuk menjadi pusat dan pengembangan bahasa Arab yang berkualitas dan unggul, serta salah satu misinya adalah menyelenggarakan pendidikan dan kursus kebahasaan yang berkualitas dan kompeten.

Program ini berlangsung selama 2 tahun aktif dengan minimal 4 kali pertemuan tatap muka dalam seminggu, masing-masing selama 1 jam.

Diharapkan dengan waktu pelaksanaan 2 tahun, peserta didik yang terpilih dapat berkomunikasi aktif menggunakan bahasa Arab.

“Sasaran program ini adalah peserta didik kelas VII dan VIII, dengan tahap seleksi ketat,” kata Masrul.

Menurut dia, hanya 92 peserta didik reguler yang terpilih, terbagi menjadi 23 kelas VII putra, 23 siswa kelas VII putri, 23 siswa kelas VIII putra, dan 23 siswa kelas VIII putri.

Para peserta didik akan dibimbing oleh sejumlah yang berkompeten dalam bahasa Arab, antara lain Dr. Amin Awal, H. M. Johaeri Irhas, Lc, Imam Taufiq, M. Bahtiyar Hidayat, Abdul Ghoffar, dan Maslahatun Nadirah.

Ketua program Arabic Club Khoirul Anwar, berharap kedepannya peserta didik mendapat ilmu yang bermanfaat dan mampu berbahasa Arab dengan lancar.

“Dengan begitu, Program Arabic Club di MTsN 3 Jombang ini menjadi salah satu langkah penting dalam upaya meningkatkan pemahaman dan penguasaan bahasa Arab di kalangan peserta didik, yang akan memberikan manfaat besar dalam menghadapi tuntutan dunia global saat ini,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com