Warga Jombang Wajib Tahu, Tiga Ruas Jalan Ini Ditutup saat Malam Tahun Baru 2024

Jombang, Jurnal Jatim – Tiga ruas jalan di Jombang akan ditutup sementara dan tidak bisa dilintasi saat malam tahun baru 2024.

“Pertama Jl KH Wahid Hasyim, kemudian Jl dan Jl Ahmad Yani,” kata Polres Jombang AKP Nur Arifin kepada wartawan, Sabtu (30/12/2023).

Tiga ruas jalan itu ditutup sementara karena akan dipakai acara Car Free Night atau malam bebas kendaraan saat pergantian Tahun 2023-2024.

Adapun penutupan jalan akan dilakukan selama kurang lebih 8 jam, terhitung mulai pukul 17.00 WIB pada 31 Desember 2023 sampai pukul 01.00 WIB dini hari pada 1 Januari 2024.

“Pada saat acara Car Free Night pergantian malam tahun baru kita laksanakan penutupan dan rekayasa ,” katanya.

Kendaraan yang datang dari tiga titik tadi, kata dia, akan diarahkan ke jalur lain. Misalnya, kendaraan dari arah timur atau Surabaya dialihkan di simpang 4 Undar menuju Jl Gatot Subroto.

“Semua kendaraan yang mengarah ke kota melalui Jl Siliwangi, Jl Wisnu Wardana, Jl Adityawarman dilakukan buka tutup secara selektif prioritas,” katanya.

Kendaraan dari arah timur Jl Basuki Rahmat dialihkan menuju Jl Hasyim Asy’ari menuju simpang 4 Mojosongo lalu Jl Moh Yamin keluar di simpang 4 Sengon menuju Jl Basuki Rahmat.

Semua kendaraan dari arah selatan yang mengakses simpang 4 KH Wahid Hasyim dialihkan ke simpang 4 Mojosongo lalu Jl Moh Yamin keluar di simpang 4 Sengon menuju Jl Basuki Rahmat.

Kemudian untuk kendaraan dari arah barat , Madiun dialihkan ke Jl Abdurrahman Saleh menuju Jl Gatot Subroto lalu Jl Mastrip dan keluar di Jl -Hatta.

Satlantas Polres Jombang bersama dinas perhubungan juga menyiapkan beberapa titik lokasi sebagai upaya untuk mengantisipasi menumpuknya kendaraan .

“Lahan parkir kita siapkan di Stadion Merdeka, di Jalan Cak Durasim, jalan Ahmad Yani dari Legi ke Tugu, terus di jalan seputaran Kebon Rojo,” katanya.

Sementara akses medis sudah disiapsiagakan patwal sebelah utara RSUD Jombang, selain itu juga di Sambong dan simpang tiga pintu masuk Tol Tembelang.

“Kalau terdengar suara ambulans, nanti akan dikawal patwal kendaraan roda dua menuju tempat medis,” tandasnya

Lebih lanjut Arifin menambahkan, personel Polres Jombang dan Dinas Perhubungan (Dishub) akan diturunkan dan disiagakan di sejumlah titik untuk mengurai kendaraan jika terjadi kepadatan.

“Kami siapkan petugas untuk mengantisipasi dampak kepadatan lalulintas yang akan terjadi,” ucapnya.

Arifin pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melewati ketiga jalan tersebut pada Minggu besok, untuk mencari alternatif jalur lain agar tidak terjebak macet hingga penumpukan kendaraan selama car free night berlangsung.

Dapatkan update menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com