Sebulan, Polres Blitar Penjarakan 13 Pencuri Sepeda Motor

, Jurnal Jatim – Polisi memenjarakan 13 orang tersangka motor atau curanmor yang beraksi di wilayah hukum Polres Blitar, Jawa Timur yang meresahkan masyarakat.

Belasan tersangka curanmor itu ditangkap polisi dalam kurun waktu satu bulan terakhir dengan ungkap tujuh kasus curanmor.

Blitar, AKBP Adhitya Panji Anom menyatakan, dari sejumlah kasus tersebut, ada tersangka mencuri yang diparkir di depan orang tua korban.

“Ada sejumlah 7 kasus curanmor dengan 13 tersangka. Adapun tempat kejadiannya bervariasi, tapi tetap di wilayah hukum Polres Blitar,” kata Adhitya, Rabu (24/8/2022).

Tersangka yang melakukan di depan rumah orangtua korban yakni berinisial N dan I Blitar, Jawa Timur.

Menurut Adhitya, pencurian motor bermula korban memarkir motornya di depan rumah dalam keadaan dikunci stang. Setelah kunci motor di cabut, korban menaruh di loker .

“Setelah itu, korban meninggalkan motor dan masuk ke dalam rumah. Kunci ditaruh di loker kendaraan motor,” kata Adhitya dalam penjelasannya.

Tidak lama kemudian, motor korban yang diparkir di halaman orang tuanya itu atau tidak ada di tempat semula. Korban berusaha untuk mencarinya, namun tidak berhasil menemukannya.

Merasa motornya hilang dicuri orang, korban langsung melaporkannya ke Polsek Lodoyo Timur. Laporan itu pun ditindaklanjuti polisi dengan melakukan penyelidikan.

“Atas kejadian tersebut korban menderita kerugian materiil sebesar 17 juta,” katanya menjelaskan.

Penyelidikan polisi membuahkan hasil. Pelaku curanmor berhasil diringkus tanpa perlawanan dan langsung dibawa ke Polres Blitar untuk diproses lebih lanjut.

“Keduanya dijerat Pasal 363 ayat (1) ke-4e KUH Pidana,” tandas Kapolres Blitar, AKBP Adhitya Panji Anom.

Lebih lanjut Adhitya menegaskan bahwa 13 tersangka yang ditangkap telah dijebloskan ke dalam penjara untuk menjalani proses hukum sesuai dengan perbuatannya.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat agar mengamankan kendaraan masing-masing saat parkir dengan cara mengunakan kunci manual ataupun kunci tambahan yang bisa menyulitkan atau mencegah curanmor.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan.lupa follow jurnaljatim.com di Google News.