oleh

Dikira Razia, Pemotor di Jombang Malah Dapat Makanan dari Polisi

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah pemotor yang melintas di jalan Gus Dur, Jombang, Jawa Timur pasrah ketika dihentikan polisi dan diarahkan masuk ke halaman stadion Merdeka, pagi Jumat (26/8/2022).

Pengendara awalnya mengira polisi sedang razia kendaraan. Sejumlah pengendara ada yang sempat balik arah. Mungkin sudah tertancap di kepala pemotor kalau ada polisi pasti ada razia.

Justru, pemotor malah mendapat bungkusan makanan dari petugas kepolisian lalu lintas Polres Jombang. Polisi menamakan aksi bagi-bagi makanan itu “Jumat Berkah”.

“Awalnya sempat kaget saya kira razia ternyata bagi-bai makanan, alhamdulillah,” kata

Pantauan Jurnaljatim.com, puluhan petugas Satlantas Polres Jombang berada di jalan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Beberapa polisi tampak membawa tulisan di tepi jalan.

Sebagian lagi tampak sibuk menghentikan pengendara roda dua yang melintas dari arah timur. Para pemotor diminta masuk ke halaman stadion Merdeka lalu diarahkan ke meja petugas.

Petugas korps lalu lintas memberi bungkusan makanan. Setelahnya, mempersilahkan pengendara untuk melanjutkan perjalanan.

Seorang pengendara sepeda motor, Lukman (32) mengaku kaget ketika dihentikan petugas di timur traffic light depan stadion merdeka Kabupaten Jombang.

“Saya perjalanan pulang dari kantor BPJS Jl Soekarno-Hatta menuju rumah di Kecamatan Tembelang kaget saat dihentikan oleh polisi di sini,” katanya.

Saat dihentikan, dan diarahkan ke halaman depan stadion, Lukman pasrah. Rasa was-was kena tilang langsung berubah senang ketika menerima bungkusan makanan dari polisi.

“Ini dapat makanan. Lumayan bisa dibawa pulang ke rumah. Terima kasih bapak Polisi,” ucapnya sumringah.

Selain berterimakasih kepada polisi, Lukman berharap polisi sering-sering melakukan aksi sosial seperti itu. Agar masyarakat terbantu. “Sering-sering begini, untuk membantu masyarakat,” katanya.

Kepala Satuan Polres Jombang AKP Rudi Purwanto mengatakan, ada ratusan bungkus makanan yang dibagikan secara cuma-cuma kepada para pengguna jalan.

“Alhamdulillah hari ini yang kita bagikan 500 bungkus makanan dan habis dalam waktu singkat,” kata Rudi di lokasi.

Aksi sosial itu, disebut Rudi, dalam rangka jumat berkah. Selain membagikan makanan, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang lalu lintas.

“Ini dalam rangka sedekah Jumat berkah, dan sekaligus edukasi kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas,” katanya

Kasus laka lantas, dikatakan Rudi, juga kerap terjadi di Jombang. Oleh karenanya, pada kesempatan itu, pihaknya juga memberikan imbauan dan pengertian kepada masyarakat agar tertib berlalulintas.

“Untuk sasarannya hari ini adalah roda dua dulu, kita memberikan edukasi kelengkapan kendaraan mulai jangan kebut-kejutan, serta melengkapi kendaraannya,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.