oleh

Spesialis Pencuri Motor Petani di Sawah Tuban Dibekuk Polisi, Satu Buron

Tuhan, Jurnal Jatim – Petualangan kawanan pencuri kendaraan motor di wilayah Tuban, Jawa Timur yang selalu keliling mencari target motor milik petani yang ditinggal kerja berakhir di penjara.

Terduga pelaku adalah MB (42), pria warga Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Sedangkan temannya K (3), salah satu warga Bojonegoro masih menjadi buronan atau daftar pencarian orang (DPO) Polres Tuban.

Kapolres Tuban AKBP Darman mengatakan, MB merupakan seorang residivis dan kini dia telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana pencurian motor.

“Pelaku yang kita amankan ini merupakan residivis, dan satu tersangka masih DPO,” kata Darman, pada Selasa (5/7/2022).

Tersangka MB ditangkap setelah menggasak sepeda motor SM (36), salah satu petani warga Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

Korban saat itu harus kehilangan sepeda motornya bernopol S 4463 HS yang di parkir di pematang sawah Desa Tluwe, Kecamatan Soko, Tuban, pada Senin (30/5/2022) lalu.

“Motor korban di parkir di pematang sawah, dan korban pergi ke sawah atau ladang. Lalu diambil pelaku,” ujarnya.

Dari kejadian tersebut, korban pun langsung melaporkannta kepada kepolisian. Lalu, tim Satreskrim Polres Tuban melalukan penyelidikan dengan target operasi (TO) yang telah ditentukan.

Penyelidikan polisi membuahkan hasil. Polisi mendapati identitas pelaku hingga akhirnya pelaku diringkus tanpa perlawanan ketika sedang berada di rumahnya.

Mantan Kapolres Sumenep itu mengatakan aksinya para pelaku tidak segan-segan untuk merusak kunci motor dengan menggunakan kunci T.

“Modusnya, keliling mencari sepeda motor yang di parkir di pematang sawah kemudian ditinggal pemiliknya untuk berkebun atau bertani,” imbuhnya.

Lebih lanjut Darman mengungkapkan dari hasil pengembangan, ternyata pelaku telah beraksi di tiga tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda. Termasuk, sepeda motor hasilnya curiannya itu juga sempat dijual oleh pelaku yang uangnya untuk foya-foya.

“Anggota berhasil mengembangkan atau mengungkap 3 TKP curanmor. Satu unit sepeda motor telah dijual oleh pelaku,” kata Darman menandaskan.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.