oleh

Presiden RI Keenam SBY Pulang Kampung di Kabupaten Pacitan

Pacitan, Jurnal Jatim Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kunjungan SBY di Pacitan itu dalam rangka pulang kampung halaman, Jumat sore (13/5/2022).

SBY beserta keluarga ke tanah kelahirannya di Kabupaten Pacitan dikabarkan selama 10 hari, mulai 13 Mei sampai dengan 23 Mei 2022. Sejumlah agenda silaturahmi dengan warga Pacitan pasca-lebaran idulfitri akan dilakukan SBY selama berada di sana.

“Insyaallah nanti sore atau malam (SBY) nyampe Pacitan,” kata Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji sebagaimana diunggah akun instagram Pemkab Pacitan yang dikutip Jurnaljatim.com, Jumat (13/5/2022).

Seperti saat kunjungan sebelumnya pada tahun 2020 lalu, SBY sendiri tidak akan menginap di hotel, tetapi menempati wisma Drupadi yang terletak di kawasan museum SBY dan galeri seni Ani.

“Beliau menginap di wisma Drupadi di kawasan museum, jadi seluruh timnya juga disana semua,”kata Bupati.

Selama di Pacitan lanjut Aji, SBY akan mengikuti sejumlah agenda, baik internal maupun agenda bertemu masyarakat Pacitan. Salah satu agenda SBY, adalah meninjau perkembangan pembangunan Museum SBY*ANI.

“Memang museum belum jadi, dan (kedatangan beliau) ini dalam rangka meninjau pengembangan museum, kita doakan beliau selalu sehat sehingga mudah-mudahan tidak hanya momen ini ke Pacitan, rutin untuk meninjau perkembangan museum sampai diresmikannya nanti,” jelas Bupati.

Berikutnya SBY dijadwalkan mengadakan retreat. Kegiatan tersebut dijadualkan berlangsung Selasa (17/5/2022). Momen itu akan digunakan SBY untuk beranjangsana bersama para tamu.

“Insyaallah Pak SBY juga pingin mengenang waktu dulu pernah makan malam di (Pasar) Minulyo,” tambah Bupati Aji terkait agenda lain SBY pada Rabu (18/5/2022) malam.

Adapun puncak kegiatan akan berlangsung Sabtu (21/5) pagi. SBY dijadwalkan menggambar bersama siswa siswi dan masyarakat Pacitan. Adapun lokasi yang dipersiapkan adalah Pantai Pancer Door.

Bupati menyebut jika sosok SBY bukan semata putra daerah Pacitan. Namun lebih dari itu juga tokoh yang pernah memimpin negeri. Karena persiapan menjelang kunjungan dilakukan matang.

“Ini momen kangen-kangenan. Kita kangen Pak SBY, dan Pak SBY saya yakin kangen Pacitan,” imbuh Aji.

Jajaran Polres Pacitan tadi sore menggelar upacara pengamanan kunjungan SBY. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ariwibisono diikuti pasukan dari Polri dan TNI, Satpol PP serta Dinas Perhubungan di halaman Mapolres setempat.

Kapolres Pacitan dalam sambutannya menyampaikan anggota yang telah tersprin agar melaksanakan tugasnya sebaik mungkin dengan lebih banyak menggunakan anggota dalam pengamanan tertutup.

”Sore Ini kita melaksanakan apel siaga pengamanan VVIP bapak Susilo Bambang Yudoyono ke Kabupaten Pacitan, Mari kita laksanakan tugas pengamanan ini dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Kepada anggota yang telah tersprin agar laksanakan tugas ini sebaik mungkin penuh rasa tanggung jawab, untuk pengamanan tertutup lebih diperbanyak, karena kegiatan beliau lebih difokuskan di areal Musium SBY-ANI,” katanya menambahkan.

Diketahui, Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Desa Tremas, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Jawa Timur. SBY merupakan putra pasangan suami istri Soekotjo dan Siti Habibah. SBY dilahirkan pada 72 tahun silam, tepatnya 9 September 1949.

Pria yang pernah menjabat Presiden RI dua periode itu dikaruniai dua orang putra, hasil pernikahannya dengan almarhum Ani Kristiani Herrawati.

Kedua putranya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang merupakan ketua umum Partai Demokrat dan Edhie Baskoro (Ibas) yang sekarang menjadi anggota DPR RI. (*)

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com.