Kompetisi PAI Tingkat Nasional, 8 Peserta Didik MAN 3 Jombang Raih Medali

,  Delapan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang, Jawa Timur berjaya di Kompetisi Pendidikan Islam (PAI). Tiga dari delapan peserta itu di antaranya meraih emas di ajang skala tersebut.

Mereka yakni Septiana Maratus S (XI MIPA 7), Neyla Marshadina Aufa (XI IPS 3), dan Indri Eka A (X MIPA 6). Ada juga peserta didik yang meraih medali perak, yaitu Siti Kaneisha L (X MIPA 5), Raed Fuadi ( X MIPA 2), dan Nova Mamluatul (XI Agama 3).

Kemudian dua peserta didik sisanya meraih medali perunggu. Mereka adalah Muhammad Fattan (X MIPA 1) dan Asih Lestari (X Agama 3).

Penyelenggara lomba tingkat nasional itu adalah Olimpiade . Pelaksanaan lomba secara daring Minggu (20/3/2022) lalu. Peserta mengerjakan 40 soal pilihan ganda dalam waktu 50 menit. Menurut Neyla, kualitas soal bertaraf olimpiade.

“Soalnya tentang tajwid hingga sejarah Islam,” ujar Neyla melansir laman resmi Kementerian Agama kantor wilayah Jatim, Senin (4/4/2022).

Delegasi dari madrasah di Ponpes Bahrul Ulum tersebut mengaku sempat terkendala jaringan saat menyelesaikan soal, salah satunya Fatan. Peserta didik asal itu mengalami kesulitan ketika log in menuju halaman soal-soal.

“Waktunya sampai tersisa 30 menit. Namun, Alhamdulillah bisa terselesaikan dengan baik,” tutur Fatan peraih medali perunggu tersebut.

Eryati Fikriyah selaku pembina mengatakan MAN 3 Jombang mengirim 13 delegasi dalam lomba tersebut. Dua hari sebelum pelaksanaan kompetisi, belasan peserta didik itu mengikuti bimbingan secara intensif.

“Kami mengikutsertakan dalam lomba ini sebenarnya untuk mengukur sejauh mana kemampuan mereka. Alhamdulillah delapan di antara mereka meraih medali, ” ujar Eryati bangga.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.