oleh

2 Pencuri Karet Bekas Bell Confeyor di Area Tambang SBI Tuban Ditangkap

Tuban, Jurnal Jatim – Dua orang pelaku pencurian karet bekas bell confeyor di dalam area tambang PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI) Kabupaten Tuban, Jawa Timur tepergok Satpam dan berhasil dibekuk polisi setelah sehari sembunyi di rumah.

Kefua pelaku itu bernama Samadi (40) dan Tarkum (62). Keduanya warga Desa Sawir Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Jawa Timur.

Kapolres Tuban Ajun Komisaris Besar Darman menjelaskan anggota mendapat laporan pencurian dengan pemberatan di area tambang Confeyor SBI di Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo, Tuban, Jumat, (3/12/2021) sekitar pukul 00.30 Wib.

“Karet bekas Bell Confeyor warna hitam dicuri dengan cara digulung kemudian gulungan tersebut didorong oleh dua orang pelaku,” kata AKBP Darman didampingi Kasatreskrim dalam jumpa pers, Rabu (8/12/2021)..

Kemudian hasil curiannya itu dibawa keluar oleh kedua pelaku dari area tambang semen. Apesnya, setelah barang keluar dari pagar, perbuatan keduanya dipergoki oleh keamanan PT SBI.

“Aksi pencurian yang dilakukan kedua pelaku itu diketahui oleh salah satu Satpam pabrik SBI Tuban,” ucapnya.

Polisi yang mendapat laporan langsung menyelidiki dan menandatangani lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) serta menggali keterangan sejumlah saksi.

“Mendapat laporan anggota langsung mendatangi TKP dan mengumpulkan Pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) di lokasi,” jelasnya.

Hasilnya, anggota Satreskrim Polres mengetahui ciri-ciri kedua pelaku dan dilakukan pengejaran. Hingga keduanya diamankan tanpa perlawanan di dalam rumahnya, Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 14.00 Wib.

“Kedua pelaku diamankan dirumahnya masing- masing. Atas kejadian itu PT SBI mengalami kerugian material senilai Rp10.000.000,” katan mantan Kapolres Sumenep tersebut.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku disangkakan pasal 363 ayat 1 dan pasal 53 ayat 1 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan atau percobaan pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

“Barang bukti yang diamankan gulungan karet bekas Bell Confeyor warna hitam seberat 2 kuintal,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel