oleh

Tradisi Pedang Pora Sambut Pergantian Kepemimpinan Kapolres Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Tongkat komando Kepolisian Resor (Polres) Jombang, Jawa Timur berganti. Jabatan Kapolres Jombang diserahterimakan dari AKBP Agung Setyo Nugroho kepada pejabat baru AKBP Moh Nurhidayat.

Pisah sambut orang nomor satu di Polres Jombang dilakukan dengan tradisi pedang pora yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni memakai masker dan berjarak, pada Rabu pagi (17/11/2021).

Kapolres baru, AKBP Moh Nurhidayat bersama istri disambut dengan formasi pedang pora yang dihunus di atas kepala seperti gapura dan berbaris memanjang saat memasuki gerbang Markas Polres Jombang.

Formasi pedang yang dihunus di atas kepala dan membentuk barisan gapura itu dimaksudkan agar pimpinan yang baru siap melangkah dalam menghadapi segala rintangan dengan jiwa ksatria.

Sebelum memasuki mapolres, Kapolres dan istri yang baru dicek suhu tubuhnya lau disemprot menggunakan cairan hand sanitizer. Turut menyambut para perwira utama, Kapolsek Jajaran bersama istri serta para anggota yang berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB.

Setelah itu, AKBP Moh Nurhidayat dan istri diberi kalung bunga sebagai tanda penghormatan dan selamat datang di Polres Jombang Jalan Wahid Hasyim. Para perwira yang sudah berjejer langsung mengangkat pedang sebagai penyambutan dan penghormatan.

Diketahui, serah terima jabatan Kapolres Jombang dari AKBP Agung Setyo Nugroho kepada pejabat baru AKBP Moh Nurhidayat telah dilaksanakan Senin (15/1/2021) lalu. Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta.

Ada enam jabatan Kapolres di Jawa Timur yang diserahterimakan di gedung Patuh Mapolda Jatim. Selain kapolres Jombang, ada kapolres Probolinggo Kota, kapolres Pasuruan Kota, kapolres Sampang, kapolres Kediri dan kapolres Nganjuk yang diserahterimakan.

AKBP Moh Nurhidayat semula bertugas di Kasubdit II Ditreskrimum Polda Jatim sebelum menjabat kapolres Jombang. AKBP Nurhidayat juga pernah menjabat sebagai Kabagops dan Wakapolres Jombang.

Sedangkan AKBP Agung Setyo Nugroho selanjutnya akan mengemban tugas sebagai kapolres Kediri. Ia menjabat sebagai Kapolres Jombang kurang lebih selama 18 bulan.

Seusai acara pedang pora, dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti apel besar, lapsat (laporan satuan) dan acara lainnya yang bersifat internal kepolisian.

AKBP Agung Setyo N mengucapkan terima kasih kepada anggota yang telah melakukan kerjasama dan memberikan dukungan selama menjalankan tugas di Jombang.

Ia mengatakan, masyarakat Jombang orangnya baik, ramah dan mendukung terciptanya iklim kondusif. Begitu juga dengan pemerintahan dan Forkompimpda kompak. Selain itu media di juga mendukung untuk kinerja polisi dengan turut mempublikasikan kegiatan.

“Saya berharap kerja sama dan dukungan itu dilanjutkan ke Kapolres baru, sehingga Polres Jombang akan lebih baik lagi dan profesional untuk melindungi dan mengayomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara pejabat baru Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilaksanakan AKBP Agung. Karea terbukti mampu menjaga kamtibmas di Kabupaten Jombang.

“Saya berharap sinergi dan kerja sama yang baik dengan semua stakeholder di Kabupaten Jombang. Semoga ke depan Jombang bisa lebih baik lagi,” kata AKBP Nurhidayat.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid