oleh

Gelapkan 100 Karung Biji Kopi, Pria Jombang Ditangkap Polisi

Jombang, Jurnal Jatim– Suhariyanto (39), warga Dusun Mangirejo, Desa Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ditangkap polisi karena tidak membayar uang biji kopi yang dibelinya dari seorang petani tetangga desanya.

Ia dilaporkan ke Polsek Wonosalam, Jombang oleh petani, Santoso (63), warga Dusun Segunung, Desa Carangwulung, Wonosalam atas dugaan penipuaan dan penggelapan.

Kapolsek Wonosalam, AKP Kamdani mengatakan, kasus tipu gelap itu terjadi pada 7 Desember 2019 silam dan dilaporkan 24 Maret 2021 lalu di rumah pelapor (korban) Santoso.

Awalnya, Santoso bertemu Suhariyanto di depan warung pertigaan Desa Jarak, Wonosalam. Saat itu, Suhariyanto akan membeli biji kopi Santoso dengan harga Rp22.000.

“Dan uang pembayarannya dijanjikan 15 hari kemudian,” kata Kamdani dalam keterangan tertulis, Kamis (1/4/2021).

Setelah bertemu, Suhariyanto datang ke rumah Santoso untuk mengambil biji kopi dengan menyewa kendaraan truk milik Yudea Agus Kristanto.

“Kemudian kurang lebih 100 karung biji kopi diangkat ke dalam truk dan dibawa ke gudang miliknya di Dusun Mangirejo,” jelas Kamdani.

Keesokan harinya, Santoso datang ke gudang dan diberi satu nota bon kopi yang mencatat berat timbangan biji kopi miliknya dengan jumlah berat total 2.411 kilogram dengan jumlah uang sebesar Rp52.237 juta.

“Pada saat itu, tersangka Suhariyanto bernjanji akan mengantarkan uang pembayaran pembelian biji kopi tersebut ke rumah Santoso,” ujarnya.

Sekitar tiga pekan kemudian, Santoso ke rumah Suhariyanto untuk menagih uang pembelian biji kopi yang dijanjikan. Namun, Suhariyanto menghindar dan hanya memberikan janji-janji.

Puncaknya, 28 Desember 2019, Santoso kembali mendatangi rumah Suhariyanto untuk menagih pembayaran biji kopi. Namun, Suhariyanto sudah tidak ada di rumah. Tak hanya itu, nomor teleponnya juga tidak bisa dihubungi.

Kesal dengan ulah Suhariyanto dan merasa ditipu, akhirnya Santoso lapor ke Polsek Wonosalam. Setelah dilakukan proses penyelidikan, Suhariyanto berhasil diamankan unit reskrim Polsek Wonosalam tanpa perlawanan.

Adapun barang bukti yang diamankan 1 nota bon kopi dan 10 karung bekas wadah biji kopi berwarna putih.

“Pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka pasal 378 dan 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan,” tegasnya.

 

Editor: Azriel