oleh

Risma Marah Mobil Pelat Merah Ganggu Distribusi Bantuan Korban Banjir Jombang

Jombang, Jurnal Jatim– Menteri Sosial, Tri Rismaharini terlihat marah dan mengetuk dua kendaraan mobil pelat merah yang mengganggu distribusi bantuan korban banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, Jawa Timur, Sabu (13/1/2021) siang.

Pantaun Jurnal Jatim, siang itu Risma bersama rombongan mendistribusikan bantuan berupa kasur lipat, susu  bayi dan makanan di tengah kerumunan wargan Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan setempat.

Lantaran berkerumun, lantas mantan Wali Kota Surabaya itu pergi berjalan ke jalanan untuk menghindari kerumunan sekaligus mengecek bantuan yang dibawa rombongan Kemensos RI.

Tak lama setelah itu Risma kembali ke warga. Nah, di saat Risma kembali, ia terdapat beberapa mobil berhenti berjejer di tengah jalan. Di barisan paling belakang, dua mobil warna hitam berpelat merah.

Mobil tersebut juga mengiringi rombongan Risma dari Pemerintah Kabupaten Jombang. Risma lalu berhenti di mobil paling belakang dan mengetuk kaca pintu mobil samping kiri sembari berteriak meminta orang yang ada didalam mobil turun.

Hei turun, turun. Mobilnya situloh ganggu, jangan di jalan, gimana udah ga bantu,” teriak Risma dengan nada tinggi sembari mengetuk kaca mobil.

Risma berhenti setelah sejumlah rombongannya menenangkan lalu mengajak jalan menemui warga. Beberapa langkah kemudian juga mengetuk-ketuk mobil yang ada didepannya. Setelah itu, perempuan kelahiran Kediri itu melanjutkan menemui warga.

Tak hanya itu, saat berada di jalanan desa, Risma juga memberikan instruksi dengan nada keras kepada anak buahnya yang dinilai lamban dalam mendistribusikan bantuan itu.

Dia meminta staf Kemensos segera mengangkat sejumlah bantuan dari atas truk untuk warga yang jaraknya sekitar 600 meter dari permukiman warga.

Petugas dari Kemensos pun berlarian ke arah truk pengangkut bantuan. Mereka memanggul kardus bantuan tersebut ke pemukiman warga. Di sana warga terdampak banjir sudah menunggu. Baik anak-anak maupun orang dewasa.

“Jangan duduk-duduk, ayo bantu mengangkut bantuan. Mobilnya itu jangan di jalan. Minggir,” instruksi Risam dengan nada tinggi.

Di ketahui, Risma menyambangi korban banjir di sejumlah titik. Yakni pengungsi di tanggul sungai Dusun Kedunggabus, Desa Bandarkedungmulyo, dan warga terdampak di Dusun Prayungan, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bandar kedungmulyo.

Pada kunjungannya itu, Risma secara langsung memberikan sejumlah bantuan kepada korban banjir akibat luapan air sungai di wilayah setempat.

Berdasar data, total bantuan Kemensos, yakni kidsware atau baju anak-anak 50 paket, selimut 300 lembae, kasur lipat 300 lembar, makanan anak 300 kardus. Bantuan itu dimuat dengan mobil truk.

Awalnya, Risma yang saat itu didampingi Bupati Jombang Mundjidah Wahab, dan Sadarestuwati, anggota DPR RI, Fraksi PDIP mendatangi Dusun Kedunggabus, Desa Bandar kedungmulyo.

Di lokasi itu, Risma menyerahkan  bantuannya. Lalu, tak lama setelah itu, rombongan Risma menyusuri tanggul sungai yang dipenuhi tenda pengungsi.

Di tanggul itu, pengurus PDI Perjuangan itu tidak berhenti. Iring-iringan mobil langsung ke Desa Gondangmanis yang selanjutnya ke Dusun Prayungan.

Di kampung itu, Risma kembali  menyerahkan bantuannya pada warga. Warga pun berdatangan hingga terjadi kerumunan orang. Risma beberapa kali mondar-mandir jalan kaki menghindari kerumunan khawatir COVID-19.

“Aku wedi nginiki (aku takut seperti ini), nanti Corona,” cetuk Menteri Risma di tengah kerumunan warga saat itu.

 

Editor: Azriel