oleh

Dua Pencuri Burung Murai Modus Bertamu Diamankan Polisi di Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Dua orang pria terduga pencuri burung murai di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dengan modus pura-pura bertamu ke rumah korbannya telah diamankan polisi.

Pelaku FA (21), warga Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk dan IH (19) warga Jl KH Sulaiman, Dusun Ngemplak, Desa Sidokerto, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang.

Kasubbaghumas Polres Nganjuk AKP Rony Yunimantara mengatakan, mereka beraksi di rumah Hartoyo (52), jalan Wilis II C, RT 003, RW 006, Kelurahan Kramat, Kabupaten Nganjuk pada Selasa (5/1/2021) pukul 12.30 WIB.

“Kedua pelaku bersekutu melakukan pencurian burung murai dengan cara bertamu atau berkunjung ke rumah korbannya,” katanya, Rabu (6/1/2021).

Dalam keterangan tertulisnya, bermula Hartoyo ber ada di dalam kamar rumah mendengar orangtuanya yang sudah tua sedang mengobrol dengan kedua pelaku di teras rumah.

Dalam obrolan tersebut, Hartono mendengar pelaku sempat meminta minum kepada orang tuanya dan minta diambilkan pisau.

Karena curiga, akhirnya Hartono keluar dari kamar dan melihat pelaku sudah naik di sepeda motor Yamaha Vega warna hitam merah.

“Pelaku yang dibonceng sudah membawa burung murai milik korban lengkap dengan sangkarnya,” kata Rony.

Kemudian, Hartono berteriak maling sembari mengejar keduanya. Sampai jarak dari rumah kurang lebih 15 meter, pelaku membuang burung murai beserta sangkarnya.

“Saat itu pelaku juga meninggalkan sepeda motor yang dikendarai kemudian melarikan diri,” ujarnya.

Hartono bersama warga terus mengejar hingga akhirnya berhasil menangkap kedua pemuda itu dengan jarak sekitar 300 meter dari rumah korban.

Peristiwa pencurian itu lalu dilaporkan Hartono ke Polsek Nganjuk Kota yang selanjutnya kedua pelaku diamankan untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Roni menambahkan, akibat kejadian pencurian burung murai di siang bolong itu, korban mengalami kerugian materiilĀ  kurang lebih sebesar Rp1,2 juta.

“Saat ini kedua tersangka pelaku tindak pidana pencurian burung murai sudah ditahan di Polsek Nganjuk Kota,” jelas Rony.

Selain kedua pelaku, juga diamankan barang bukti berupa 1 ekor burung jenis murai berikut sangkarnya dan 1 unit sepeda motor Yamaha Vega warna hitam merah terpasang nopol S 3534 QAX.

 

 

 

Editor: Azriel