Polres Situbondo Ringkus Komplotan Pembobol Toko Antar Pulau

SITUBONDO (Jurnaljatim.com) – Komplotan spesialis pembobol antar pulau digulung anggota Satreskrim . Tiga pelaku dijebloskan ke , sedangkan 7 orang pelaku saat ini masih dan ditetapkan sebagai DPO (Daftar pencarian orang).

Pelaku yang ditangkap yakni, Paryadi (36), Suriyanto (43), dan Santoso (37). Ketiganya merupakan warga asal Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa temgah.

Situbondo, AKBP Awan Hariono mengungkapkan, ketiga pelaku mengaku sudah melakukan aksi toko di 13 TKP (Tempat kejadian perkara). antara lain, 2 TKP di Situbondo, 2 TKP di Probolinggo, dan 2 TKP di Manado. Selebihnya, di Bekasi, Tangerang, Senen, Grobogan dan Palangkaraya. Untuk di Jember dan mereka gagal.

“Mereka ini, komplotan spesialis lintas pulau,” kata Kapolres, Jumat (21/6/2019).

Sebelum beraksi, kata Kapolres, para pelaku terlebih dulu melakukan mapping di lokasi yang sudah menjadi target. Mereka berbagi peran, diantaranya ada yang bertugas ‘menggambar' peta lokasi. Pelaku melakukannya pada siang hari dengan berpura-pura menjadi pembeli.

operandinya, pelaku merusak kunci gembok menggunakan alat gunting baja,” terang orang nomor satu di Kepolisian Resort Situbondo ini.

Ditambahkan dia, Ketiga pelaku yang bekuk tersebut, terlibat pembobolan dua toko di Situbondo yakni Toko Duta di Jalan Bawean pada akhir Februari dan pembobolan toko Sahabat Jaya di jalan Irian jaya pada bulan April lalu. Dari kejadian di dua tempat itu, total kerugian Rp 248.500 Juta.

Selain memburu ke tujuh pelaku yang masih buron, Satreskrim Polres Probolinggo juga melakukan koordinasi dengan Polres lainnya yang menjadi lokasi kejahatam para pelaku. Barang bukti yang berhasil diamankan dari para pelaku, diantaranya 1 unit Inova Silver B-1414 SYS, 1 gunting besar dan 1 buah linggis.

“Saat ini, pelaku telah kita tahan dan kami memburu pelaku lainnya yang kabur,” tandas Kapolres. (*)


Editor: Hafid