oleh

Tahun 2018, Tonggak pembangunan Madrasah

Surabaya, Jurnaljatim.com
Tahun 2018, merupakan tonggak baru dalam pembangunan dan pengembangan Madrasah di Indonesia menjadi sekolahan unggulan sebagai upaya membangun masa depan bangsa Indonesia, sesuai dengan tagline kali ini “Membangun Madrasah Hebat Bermartabat”.

“Tahun 2018 merupakan tonggak baru dalam membangun Madrasah hebat bermartabat,” ujar Ahmad Umar, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Kementerian Agama, saat acara peresmian Gedung Aula MAN Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/1/2018) kemarin.

Ia mengungkapkan, tidak hanya pada tahun anggaran 2018, program peningkatan mutu Madrasah mendapatkan alokasi anggaran 201 miliar yang bersumber dari proyek pembiayaan melalui penerbitan surat berharga syariah negara (SBSN) untuk 32 Madrasah Negeri (MIN, MTsN dan MAN) yang tersebar pada 22 provinsi.

Dia kembali menekankan, bahwa dengan adanya sarana berupa Gedung Aula baru ini, dapat difungsikan secara optimal untuk memudahkan proses peningkatan pendidikan MAN Surabaya.

Ahmad Umar secara khusus menegaskan, bahwa langkah ini merupakan salah satu usaha penting untuk mewujudkan visi pendidikan Madrasah dalam mewujudkan Madrasah yang unggul, berkarakter dan berbudaya mutu layanan pendidikan menuju masyarakat yang mandiri, berdaulat dan berlandaskan sikap gotong royong

“Madrasah dikatakan HEBAT jika Madrasah itu mempunyai daya saing dan keunggulan pada masing masing jenjang pendidikan (MI/SD, MTs/SMP, MAN/SMA) dan tingkatan (Kab/Prop/Nasional dan Internasional). Bermartabat maksudnya setiap keunggulan yang dicapai itu diraih dengan cara yang kompetitif dan sportif,” tegas Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI ini.

Sementara, Syamsul Bachri dalam kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur dalam sambutannya menyampaikan, Madrasah diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing, serta mampu menjawab tantangan zaman. Tak hanya itu, MAN Surabaya juga menjadi bagian penting hal itu, dan diharapkan bisa menjadi ikon Madrasah unggulan.

“Dikatakan unggul jika mampu menciptakan lulusan yang mampu menjawab tantangan zaman dan memiliki daya saing dalam kehidupan di masyarakat,” ujarnya. (Yua/jur)

Komentar