Polisi Sidak SPBU di Kota Kediri untuk Pastikan Stok BBM Aman Menjelang Lebaran 2024

Kediri, – Satreskrim Polres Kediri Kota melakukan () ke sejumlah SPBU di Kota Kediri untuk memastikan pendistribusian Bahan Bakar Minyak () aman dan lancar menjelang Hari Raya .

Sidak itu dilakukan tim Satreskrim Polres Kediri Kota bersama disperindag Kota Kediri salah satunya di SPBU Jl Joyoboyo Kota Kediri (4/4/2024).

Polres Kediri Kota, AKP Nova Indra Pratama memimpin langsung sidak tersebut. Dia didampingi oleh perwakilan Disperindag dan .

Dalam sidak itu, anggota Satreskrim Polres Kediri Kota mengambil sampel bahan bakar solar, pertalite, dan dexlite dari SPBU itu dengan didampingi pihak pengurus SPBU. Hasilnya, semua mesin di SPBU tersebut dinyatakan aman dan akurat.

“Hasil pengecekan baik , kadar air di BBM jenis solar, pertalite, pertamax dan dexlite yang ada di tangki pendam SPBU masih sesuai mutu maupun takaran,” kata AKP Nova.

Ia mengatakan sidak atau pengecekan itu untuk memastikan ketersedian BBM menjelang aman dan tidak ada praktik kecurangan dalam penyaluran kepada masyarakat.

Sidak itu merupakan bagian dari upaya untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan keakuratan takaran pengisian (metrologi) di SPBU, sehingga masyarakat tidak dirugikan saat mengisi BBM.

“Pengecekan terhadap SPBU ini sebagai wujud antisipasi agar tidak ada praktik kecurangan, baik dengan mencampur air maupun mengurangi volume BBM,” ujarnya.

Dikatakan AKP Nova, pengecekan juga demi kelancaran masyarakat terutama saat mudik libur lebaran nanti.

“Untuk melindungi hak konsumen agar nantinya Masyarakat tidak dirugikan oleh oknum petugas SPBU yang nakal,” ujarnya.

Nova menambahkan, sidak tersebut akan terus dilaksanakan terhadap seluruh SPBU yang berada di wilayah hukum Polres Kediri Kota.

“Jangan sampai BBM yang disalurkan ke konsumen tidak sesuai standart mutu yang telah ditentukan. Kalau kedapatan akan ditindak tegas karena merugikan konsumen,” imbuhnya.

AKP Nova mengimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir akan kelangkaan BBM selama bulan Ramadahan dan Idul Fitri nanti.

“Kami akan terus melakukan monitoring dan pengawasan terhadap SPBU di wilayah hukum Polres Kediri Kota untuk memastikan kelancaraan penyaluran BBM kepada masyarakat,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di , Jangan lupa follow di jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com