413 Personel Gabungan Siap Amankan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Pacitan

Pacitan,  – Sebanyak 413 personel gabungan dilibatkan dalam mengamankan perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 di wilayah hukum Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

AKBP Agung Nugroho mengatakan ratusan personel itu dilibatkan dalam operasi Lilin Semeru 2023 yang berlangsung selama 12 hari terhitung sejak 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.

“Personel terdiri dari aparat gabungan Kepolisian, TNI, pemerintah daerah, dan unsur-unsur lain yang berkompeten,” kata Agung Nugroho seusai apel gelar pasukan, Kamis (21/12/2023).

Agung menjelaskan pihaknya bersama TNI dan pemangku kepentingan lainnya telah menyelenggarakan rapat koordinasi perihal -ancaman yang mungkin terjadi sekaligus cara penanganan di lapangan.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan perayaan Natal 2023 serta (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

“Dengan cara-cara komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dan pembentukan unsur-unsur pelayanan dan pengamanan dan salah satu modal yang luar biasa. Kami menjamin aparat pemerintah, TNI, Polri, dan masyarakat tetap solid,” ucapnya.

Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Agung juga memfokuskan pengamanan beberapa tempat wisata dan rumah ibadah bahkan untuk rumah ibadah akan dilaksanakan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.

Hal itu juga akan melibatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat.

“Tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanan seperti apa, yang paling penting kalau di suatu daerah udah bisa kita petakan,” ujarnya.

Sejumlah personel itu dilibatkan dengan penempatan di 4 pos pam, 1 pos pelayanan, dan 7 pos pantau, yang tersebar di titik-titik strategis seperti Alun-alun, Terminal, Punung, Arjosari, Soge, Teleng Ria, Goa Gong, Klayar, Watu Karung, Banyu Anget, Tegalombo, dan Pidakan.

Sedangkan, identifikasi kerawanan mencakup potensi longsor di jalur Pacitan – , penumpukan wisatawan, di pintu masuk wisata, laka lantas di Jalan Raya Pacitan – Trenggalek, dan pemukiman kosong akibat pemiliknya mudik.

Pun, tim urai juga telah disiapkan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di titik-titik rawan.

Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65 persen atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius.

Untuk itu, upaya mengedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku melancarkan aksinya, serta penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah juga perlu dilakukan.

“Agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah Natal ataupun malam pergantian tahun,” katanya.

Sebagai tindak lanjut, Kabagops Pacitan, AKP Sukinto Herman meminta seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi aturan-aturan yang ada.

“Cek rumah maupun kendaraan sebelum bepergian demi menjaga Kamtibmas yang kondusif,” tandasnya.

Kepada personel juga diimbau selama operasi berlangsung agar lebih mengedepankan sikap humanis sebagai bentuk pelayanan dan menjamin keamanan masyarakat.

Saat libur Nataru nanti, wisatawan diimbau agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas, mengingat karakteristik Kabupaten Pacitan yang berbukit dan jalan berliku.

“Saat berada di pantai agar selalu menjaga keluarga, terutama anak-anak kecil diawasi jangan sampai lepas dari pantauan. Yang kami harapkan adalah semua berjalan dengan aman, tertib, lancar dan kondusif,” katanya.  [*].

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com