Dag Dig Dug, Belasan Warga Binaan Wanita Lapas Jombang Dites Urine, Hasilnya?

Jombang, Jurnal Jatim – Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kelas IIB Jombang, Jawa Timur, melakukan tes urine terhadap warga binaan atau narapidana wanita sebagai upaya untuk mengantisipasi dan memastikan bebas dari narkotika.

Tes narkoba yang dilakukan oleh pihak lapas bagi warga binaan wanita dilakukan secara mendadak atau tanpa pemberitahuan sebelumya pada Sabtu 21 Januari 2023 lalu.

“Tes urine dilakukan sebagai bentuk deteksi dini dan berantas Narkoba sesuai arahan Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga,” kata kepala kesatuan pengamanan lembaga pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIB Jombang Deddy Pranata, dikonfirmasi pada Minggu (22/1/2023).

Dedy mengatakan ada sebanyak 14 orang WBP wanita yang menjalani pemeriksaan urine. Satu persatu dari mereka didampingi petugas wanita bergiliran mengambil sampel urine.

“Ya mereka didamping petugas wanita, hal itu kami lakukan untuk mengantisipasi kecurangan pengambilan sampel,” ujarnya.

Setelah sampel urin diambil, kemudian dicek dan diteliti petugas kesehatan lapas Jombang menggunakan alat pendeteksi kandungan narkotika.

“Satu persatu sampel urine warga binaan wanita diteliti oleh petugas kesehatan,” kata Dedy.

Dari 14 orang WBP yang dites urune, disebut Dedy, diketahui semua sampel urine negatif narkoba. Hal tersebut berarti tidak ada WBP wanita yang mengonsumsi Narkoba di dalam Lapas Jombang.

“Dari hasil pemeriksaan, semua negatif dari kandungan narkoba. Dengan begitu, sejauh ini tidak ada yang mengonsumsi barang terlarang tersebut,” ujar dia.

Dedy menambahkan tes urine selain sebagai bentuk deteksi dini dan berantas Narkoba, juga mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban terutama di lapas blok wanita.

“Selain WBP laki-laki, di Lapas Jombang juga ada WBP Wanita, kami laksanakan tes urine selain untuk deteksi dini dan berantas Narkoba, tetapi juga menjaga blok wanita agar tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

Meski semua dinyatakan negatif kandungan narkoba, Lapas Jombang tetap mewaspadai peredaran gelap narkoba. Pihak Lapas akan menindak tegas jika ada yang kedapatan terlibat dalam peredaran barang haram itu.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.