Angka Kasus Kecelakaan di Tuban Melonjak, Sebegini Jumlahnya

Tuban, Jurnal Jatim – Kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Tuban tahun ini jumlah angkanya naik drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berdasarkan catatan kepolisian setempat, angka laka lantas di Tuban pada 2022 ini meningkat hingga 64,33 persen dari angka tahun lalu.

“Data laka lantas tahun 2021 dibanding 2022 mengalami kenaikan,” kata Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya saat jumpa pers akhir 2022 di mapolres setempat pada Jumat (30/12/2022).

Menurut dia, jumlah kejadian laka lantas di wilayah hukum Polres Tuban sepanjang 2021 mencapai 799 kasus. Angka itu naik menjadi 1.313 kasus sepanjang 2022.

“Tren kejadian tahun ini naik 64,33 persen dibanding tahun sebelumnya,” ujar dia.

Adapun dari jumlah kasus kecelakaan itu, jumlah korban meninggal dunia mencapai 175 orang sepanjang 2021. Angka itu juga naik 8 persen dibandingkan tahun ini yang mencapai 189 orang tewas

” Jumlah korban luka berat akibat laka lantas sepanjang 2021 mencapai 28 orang dan turun menjadi 20 orang di tahun ini,” ujarnya.

Kemudian ia melanjutkan data angka korban luka ringan tercatat mencapai 1017 orang sepanjang 2021. Jumlah itu naik 66,08 persen atau menjadi 1689 orang di tahun 2022.

Rahman mengimbau masyarakat pengguna jalan itu tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas dan selalu berhati-hati ketika di jalan raya. Sebab, salah satu pemicu peristiwa itu disebabkan tingginya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pengemudi.

Selain pelanggaran lalu lintas, dikatakan dia, faktor lain pemicu kecelakaan adalah kondisi sarana prasarana jalan yang kurang memadai yakni banyak jalan berlubang.

“Kecelakaan sering didahului pelanggaran lalu lintas,” tegas Kapolres Tuban.

Ia menambahkan, untuk jalur yang menjadi blackspot atau yang sering terjadi laka lantas berada di jalur Pantura, daerah Jatirogo, Parengan, dan jalur ring road Tuban.

“Itu adalah daerah-daerah penyumbang angka kecelakaan yang cukup tinggi,” ujar orang nomor satu di kepolisian Tuban ini.

Oleh sebab itu, dirinya mengaku pada waktu tertentu telah menerjunkan para personel untuk melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di lokasi-lokasi rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Termasuk, Satlantas Polres Tuban telah menggelar rapat bersama dengan forum lalu lintas Tuban untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Tuban.

“Semoga dari rapat itu, bisa ditindaklanjuti untuk menurunkan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Tuban,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta Twitter  Jurnaljatim.com.