Akhir Tahun, Ribuan Botol Miras Berbagai Merek Dihancurkan Polres Jombang, Tuh Lihat!

Jombang, Jurnal Jatim – Akhir tahun, ribuan botol miras (minuman keras) berbagai merek hasil sitaan aparat kepolisian di Jombang Jawa Timur dimusnahkan, Sabtu siang tadi, (24/12/2022).

Sebelum dimusnahkan, ada 2.423 botol miras ditata berdiri di depan kantor Satresnarkoba Polres Jombang, Jl Wahid Hasyim.

Setelah itu dihancurkan dengan cara digilas hingga rata dengan menggunakan kendaraan alat berat yang telah disiagakan di lokasi.

Pemusnahan miras itu dipimpin langsung Kapolres Jombang, AKBP Moh Nurhidayat. Turut menyaksikan langsung Forkopimda Kabupaten Jombang, tokoh agama dan serta puluhan personel polisi setempat.

AKBP Nurhidayat mengatakan, ribuan miras yang dihancurkan itu merupakan hasil sitaan polisi dalam operasi selama sebulan terakhir yaitu Desember 2022.

Pemusnahan minuman haram itu dilakukan untuk mengantisipasi aktivitas yang melanggar kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang disebabkan karena minuman keras.

“Harapan kami bisa menekan angka kriminal serta lakalantas menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, yang berawal dari minuman keras,” kata Nurhidayat kepada wartawan di Mapolres Jombang.

Meski ada ribuan botol berisi minuman keras yang dimusnahkan, Nurhidayat menegaskan jika peredaran minuman keras di Kota Santri Jombang saat ini mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan pada 2021 lalu.

“Tahun ini ada penurunan dibanding tahun kemarin. Kita berkomitmen Jombang zero miras,” tegas dia.

Orang nomor satu di Polres Jombang tersebut meminta masyarakat untuk melaporkan kepada kepolisian jika mengetahui ada peredaran miras di lingkungan sekitarnya.

“Pencegahan peredaran miras ini tentunya butuh kerja sama dengan semua elemen masyarakat. Kami berharap peran aktif masyarakat melaporkan kepada kami jika mengetahui adanya peredaran miras,” ujar alumni akpol 2002 ini.

Ketua DPRD Jombang, Mas’ud Zuremi yang hadir menyaksikan pemusnahan miras mengapresiasi kinerja Polres Jombang. Menurutnya, ini merupakan prestasi yang baik, sebab di 2022 ini terjadi penurunan peredaran miras.

“Kami ucapkan terima kasih untuk Polres Jombang, mudah-mudahan semakin bisa meningkatkan kinerjanya dan menjadikan Jombang lebih aman dan kondusif,” katanya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.