oleh

Identitas Mayat Wanita di Sawah Jombang Terungkap, Kematian Misterius

Jombang, Jurnal Jatim – Identitas mayat wanita tanpa busana (bugil) di tengah sawah di Jombang, Jawa Timur terungkap. Korban asal Purwoasri Kabupaten Kediri. Namun penyebab kematian korban masih menunggu hasil autopsi.

“Berdasarkan wajah dan pakaian yang dikenakan mayat, dibenarkan keluarga asuhnya. Korban adalah warga Purwoasri, Kabupaten Kediri,” kata Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat, Selasa (30/8/2022).

Awalnya polisi kesulitan menguak identitas mayat itu. Sebab tidak ada tanda pengenal. Bahkan saat dilakukan tes sidik jari mayat, juga tidak terdaftar dalam e-KTP. Lalu polisi menyebar sketsa korban ke masyarakat dan media.

“Hasilnya kemarin ada satu keluarga meyakini yang bersangkutan adalah anggota keluarganya,” katanya.

Satu keluarga yang mendatangi kamar mayat RSUD Jombang sudah memastikan jenazah perempuan tersebut adalah keluarganya. Hal itu berdasarkan cek fisik dan pakaian.

Dari keterangan keluarga, semasa hidupnya korban memiliki riwayat sering menyakiti diri sendiri. Termasuk pergi meninggalkan rumah tanpa izin.

“Bapak asuhnya (bapak angkat) ini mengaku jika korban sering menyakiti diri sendiri. Sedangkan terkait kejiwaan korban, kami masih menunggu keterangan ahli,” ucapnya.

Kendati sudah ada yang meyakini jenazah perempuan itu adalah anggota keluarganya, polisi masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab kematiannya.

“Visum, autopsi, masih kami tunggu hasilnya dari RS Bhayangkara Kediri. Penyebab kematian, kami masih menunggu,” ucapnya.

Hidayat kembali menegaskan bahwa dugaan terjadinya kekerasan dilakukan ia sendiri atau orang lain masih menunggu penyebab kematiannya.

“Karena memang saat ditemukan tidak ada saksi yang melihat dan lokasi penemuan juga jauh dari permukiman,” tegasnya.

Ketika sitanya apakah ada luka pada mayat itu, Kapolres mengaku ada. Namun lagi-lagi hasil pastinya masih menunggu autopsi dari pihak rumah sakit.

“Kami busa konfirmasi jika hasil visum autopsinya keluar dari RS Bhayangkara Kediri,” tandasnya.

Diketahui, mayat perempuan dalam kondisi telanjang alias bugil ditemukan di tengah sawah di Dusun Kedungasem, Desa Bandarkedungmulyo, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang Sabtu (27/8/2022) sekitar pukul 16. 00 WIB.

Mayat kali pertama ditemukan oleh warga yang hendak mencari rumput. Mayat itu tanpa identitas. Polisi yang melakukan olah Tempat kejadian perkara (TKP) menemukan sejumlah barang berupa kaos, celana, sepatu, dan jilbab diduga milik korban.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.