oleh

Pendidikan Keluarga Upaya Efektif Pencegahan Narkoba di Nganjuk

Nganjuk, Jurnal Jatim – Pendidikan keluarga merupakan upaya paling efektif mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak remaja di Indonesia khususnya di wilayah Nganjuk Jawa Timur.

Itu disampaikan oleh Kepala BNNK Nganjuk, AKBP Bambang Sugiharto dalam sosialisasi bahaya narkoba bersama Media Independen Online (MIO) Kabupaten Nganjuk pada Sabtu (30/7/2022).

Sosialisasi di Taman Wisata Edukasi Gejagan, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk itu menyasar puluhan orang pengurus kelompok kerja (Pokja) Tim Penggerak PKK Desa Gejagan dan pengunjung wisata setempat.

Bambang menyatakan, upaya pencegahan narkoba sudah sering dilakukan BNN dengan multi sasaran. Namun dari kalangan remaja maupun dewasa masih tidak menutup kemungkinan dapat terhindar narkoba.

“Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anak-anaknya serta selalu waspada terhadap pergaulan anak,” kata Bambang.

Kader PKK sebagai penggerak di lingkungan masyarakat, disebut Bambang, sangatlah penting dalam pencegahan narkoba. Kader PKK dapat menjadi rujukan menyelesaikan permasalahan penggunaan narkoba.

“Tentunya melalui kordinasi dengan pihak terkait, terutama dengan BNN,” ujar mantan Kepala BNNK Malang itu.

Ia mengingatkan kader PKK dan pengunjung agar mengedukasi putra-putrinya tentang bahaya penggunaan narkoba. Bahaya yang disebabkan narkoba ketergantungan hingga berimbas pada kejahatan.

Selain itu, jika dibiarkan, akan muncul gejala dalam intensitas berat seperti penurunan kesadaran, henti napas, kejang-kejang, serangan jantung, gangguan psikologis, bahkan overdosis yang dapat berujung pada kematian.

“Mari kita bersama-sama memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan kita. Bahaya narkoba dapat mengancam, merusak para generasi penerus bangsa sehingga harus segera ditangani dengan cepat dan tepat,” kata Bambang.

Sekretaris MIO Kabupaten Nganjuk, Andika Wahyu Al Amin menyambut positif atas terjalinnya kolaborasi itu. Menurut Andika, pertemuan tersebut untuk bersilaturahmi sekaligus berbagi informasi terkait bahaya narkoba.

“Kader PKK adalah ibu-ibu yang kuat, hebat dan bersemangat. Nantinya, kader PKK bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan BNNK Nganjuk,” kata Andika usai acara sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta Twitter Jurnaljatim.com.