oleh

Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia di Jakarta Usia 64 Tahun

Jakarta, Jurnal Jatim Menpan RB (Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia, siang ini, Jumat (1/7/2022). Sejumlah pejabat menteri, gubernur hingga politikus turut berduka cita.

Tjahjo Kumolo menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta karena sakit. Ia meninggal dunia pada usia 64 tahun.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun.
Telah meninggal dunia Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. #RekanASN, mari sejenak panjatkan doa bagi Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Semoga amal ibadah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo diterima di sisi Allah SWT, diampuni segala dosa, dan diberi tempat terbaik di sisi-Nya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” demikian dikutip dari akun Facebook Kementerian PANRB.

“Keluarga besar Kementerian Kominfo turut berdukacita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo Menteri PAN dan RB. Semoga almarhum memperoleh tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan, kesabaran, dan keikhlasan,” tulis Facebook Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ucapan duka juga disampaikan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. “Inalillahi wa’inailaihi roji’un, Indonesia kembali berduka, telah berpulang sahabat saya Bapak Tjahjo Kumolo di usia 64 tahun,” tulisnya.

Sandiaga menyebut, kerja keras dan segala jasa yang telah diberikan almarhum sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Indonesia akan menjadi semangat dan motivasi bagi kita untuk terus berupaya membangun negeri ini.

“Doa terbaik dari lubuk hati saya dan jutaan masyarakat Indonesia. InsyaAllah almarhum husnul khotimah, meninggal dunia tepat pada hari baik, di hari Jumat,” ujarnya.

“Semoga segala amal kebaikan almarhum diterima oleh Allah SWT. Serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Aamiin Yarabbal’alamin,” lanjut Sandiaga.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono juga turut berduka cita.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama pribadi dan keluarga besar @pdemokrat, saya mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya Menpan-RB Bapak Tjahjo Kumolo, siang ini. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. Jasa-jasanya untuk negara akan selalu terkenang,” tulis AHY dikutip dari Facebooknya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut berbelasungkawa wafatnya mantan menteri dalam negeri tersebut.

“Perjuangan dan dedikasi beliau pada negeri ini sangat luar biasa. Selamat jalan Mas Tjahjo Kumolo. InsyaAllah panjenengan dapat tempat terbaik di sisi-Nya,” tulis Ganjar di akun Facebook miliknya yang centang biru.

Sebelumnya, Tjahjo masuk rumah sakit dan tengah menjalani perawatan intensif sejak dua pekan terakhir. Suami Erni Guntarti itu dirawat di RS karena sakit paru-paru.

Tjahjo Kumolo merupakan kader PDIP dan pernah menjadi Sekjen DPP.  Ia mundur dari posisinya sebagai sekjen PDIP pada 2014 silam setelah dipilih Jokowi masuk ke dalam kabinet sebagai menteri dalam negeri.

Pada pemerintahan Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan RB.

Dalam karier politiknya, pria kelahiran Surakarta 1 Desember 1957 tersebut pernah bergabung dengan Golkar sebelum menjadi kader PDIP. Dia pun tercatat pernah menjadi Ketua Umum KNPI. [*]

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.