Hendak Transaksi Uang Palsu di Surabaya, Pemuda Asal Jombang Dibekuk

Surabaya, – Polsek Gubeng, Surabaya, Jawa Timur menangkap pria asal bernama Noveandy Arkian Perdana (26) karena diduga mengedarkan uang (upal) di daerah Surabaya.

Pemuda Perum Griya Kencana Mulya, Desa Candimulyo, Jombang kota tersebut ditangkap unit reskrim Polsek Gubeng saat transaksi di sebuah warung () di Jalan Kali Rungkut Surabaya, Senin (16/5/2022) sore.

masih dalam pemeriksaan untuk dilakukan pengembangan,” kata Gubeng, Kompol Sodik Effendi kepada wartawan, Kamis (19/5/2022).

Sodik menjelaskan, penangkapan Noveandy dari hasil penyelidikan atas informasi masyarakat. Saat itu, Noveandy diduga akan mengedarkan uang palsu dengan seseorang di sebuah warung kopi.

Namun, sebelum berhasil memindahkan uang palsu itu, polisi keburu menangkap Noveandy di lokasi. Pada saat diringkus, Noveandy tak berkutik lantaran kedapatan membawa puluhan lembar uang palsu pecahan 100 ribu di dalam tasnya.

“Di warkop tersebut, Noveandy saat itu sedang melaksanakan transaksi uang palsu kertas pecahan seratus ribu rupiah,” katanya.

Ia mengatakan total ditemukan uang senilai 9,7 juta dengan lima nomer seri berbeda setiap satu bendel-nya.

Kepada Polisi, Noveandy mengaku baru pertama melakukan aksinya tersebut. Ia juga mengaku mendapat uang palsu itu dengan cara membeli melalui media sosial dengan perbandingan 1 uang asli pecahan 100 ribu dengan tiga uang palsu pecahan 300 ribu.

“Diperoleh tersangka beli secara online melalui FB kepada seseorang berinisial P. Oleh tersangka dijual kembali dengan 1 banding 2. Dapatnya melalui online, dikirim melalui ekspedisi,” ujarnya.

Dari Noveandy, Polisi menyita barang bukti uang kertas palsu pecahan Rp100.000 sebanyak 97 lembar, HP merk Asus warna hitam dan Tas selempang warna biru milik tersangka.

Atas perbuatannya itu, Noveandy melanggar Pasal 36 ayat (3) dan (2) Undang-undang RI nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang Jo. Pasal 245 KUHPidana.

Polisi masih terus melalukan pengembangan terhadap jaringan peredaran uang palsu itu dengan mencari keberadaan P yang pemasok uang palsu kepada Noveandy.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram serta twitter Jurnaljatim.com