oleh

Diluar Dugaan, Ini Menu Kapolres Jombang Buka Puasa Bersama Tahanan

Jombang, Jurnal Jatim – Puasa Ramadan kali ini dijadikan momen Kapolres Jombang, Jawa Timur, AKBP Moh Nur Hidayat untuk berbagi berkah dengan melaksanakan buka puasa bersama dengan para tahanan yang ada di rumah tahanan Polres setempat, Senin sore (25/4/2022).

Tak tanggung-tanggung, menu makanan buka puasa juga spesial, yakni sate kambing sesuai  permintaan para tahanan. Praktis, menu sate kambing itu mengunggah selera untuk berbuka puasa.

Turut mengikuti Kapolres Jombang dalam buka puasa bersama itu para pejabat utama Polres setempat. Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

AKBP Nur Hidayat mengatakan buka puasa bersama tersebut dilakukan dengan seluruh warga binaan yang sedang menjalani masa penahanan di rutan (rumah tahanan) Polres Jombang.

“Jumlahnya kurang lebih 44 orang tahanan, termasuk anak-anak dan juga perempuan,” kata Nur Hidayat kepada wartawan di sela buka puasa bersama.

Diluar Dugaan, Ini Menu Kapolres Jombang Buka Puasa Bersama Tahanan

Ia bersyukur ajakan Polres Jombang untuk buka puasa bersama itu disambut baik oleh para tahanan. Bahkan, disebut Nurhidayat, mereka sebelumnya melakuan permintaan makan sate kambing.

“Alhamdulillah mereka menyambut baik dan juga hal yang menarik adalah request salah satunya ingin sekali makan sate kambing. Ini sudah kita turuti. Kita ingin membahagiakan saudara kami yang sedang menjalani masa penahanan ini,” katanya.

Buka puasa bersama dengan para tahanan itu untuk membangun kepercayaan bahwa polisi melakukan penegakkan hukum sesuai dengan aturan, bukan karena semata keinginan pribadi.

“Kami ingin membangun trust, karena kami ingin bahwa kami menegakkan hukum ini bukan karena keinginan secara pribadi, tapi karena aturan hukum memutuskan kami untuk melakukan penegakkan hukum,” ujar Nurhidayat.

Maka, pihaknya juga telah menyampaikan kepada mereka agar jangan pernah membenci profesi polisi. Sebab, hubungan manusia dalam ukhuwah basariah atau hubungan sesama manusia, ia tidak pernah melihat selalu di atas, karena semuanya itu tergantung nanti di Yaumil Akhir (hari pengakhiran).

“Makanya, mereka pun menyadari bahwa kami dalam menegakkan aturan, yang kita berantas adalah perbuatannya yang telah melawan hukum,” kata mantan Kasubdit II Ditreskrimum Polda Jatim tersebut.

Kapolres berpesan kepada mereka agar di bulan Ramadan ini dijadikan sarana untuk berlomba-lomba meraih pahala dan ampunan dari Allah SWT, serta introspeksi diri atas perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Diikemudian hari harapan kami mereka lebih utama, lebih bijaksana dan tidak mengulangi perbuatannya lagi,” pungkasnya.

Usai melaksanakan buka puasa bersama, Kapolres juga mengajak mereka untuk salat Maghrib berjamaah di dalam ruang besuk tahanan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com