oleh

31 Peserta UKW PWI Malang Raya Dinyatakan Kompeten, 3 dari Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – 31 orang peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya dinyatakan kompeten. Tiga di antaranya adalah peserta dari Jombang, Jawa Timur. Uji kompetensi digelar selama dua hari, Rabu-Kamis, 30-31 Maret 2022 di Kampus Politeknik Negeri Malang.

Adapun tiga orang wartawan yang lulus UKW Tingkat Muda angkatan ke 40 yakni Zainul Arifin dari media Jurnaljatim.com, Arif Yulianto dari Harian Bhirawa dan Fajar El Jundy dari TV One.

“Alhamdulillah, tiga peserta dari Jombang yang mengikuti uji kompetensi angkatan 40 PWI Malang Raya lulus semua. Ya dinyatakan berkompeten,” tutur Arif Yulianto, usai mengikuti UKW, Sabtu (2/4/2022)

Salah satu tim penguji, Syamsul Huda, dalam laporan hasil UKW 40 PWI Malang Raya saat penutupan, Kamis (31/3/2022) memaparkan, dari 35 peserta UKW angkatan 40, ada empat peserta yang dinyatakan tidak kompeten.

Mereka yang dinyatakan tidak kompeten itu karena tidak hadir atau tidak mengikuti proses uji kompetensi yang berlangsung di Kampus Politeknik Negeri Malang (Polinema).

“4 peserta yang dinyatakan tidak kompeten ini karena tidak mengikuti proses uji kompetensi,” ujar Syamsul Huda.

Artinya, semua peserta 31 orang termasuk 3 orang dari Jombang yang mengikuti UKW mulai awal hingga akhir telah dinyatakan lulus kompeten.

Uji Kompeten yang digelar PWI Malang Raya diikuti kelas Madya dan kelas Muda. Mereka datang dari Lampung, Jakarta, Bogor, dan se-Jatim. UKW gelombang PWI Malang Raya Gelombang III itu tanpa biaya alias gratis.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono dalam sambutannya mengatakan, UKW merupakan tanggung jawab organisasi. Seperti yang telah diamanatkan dewan pers, yakni menjadikan jurnalis yang kompeten agara mereka bisa menjaga martabatnya.

“Terima kasih kepada Politeknik Malang dan DPRD yang telah mendukung acara ini, serta teman-teman panitia atas segala tenaga dan pikirannya,” ujarnya.

Cahyono menambahkan, pada Agustus nanti pihaknya akan kembali menggelar acara yang sama dan merupakan agenda kedua di tahun 2022.

“Agustus nanti kami bakal menggelar acara yang sama,” ujarnya menambahkan.

Perlu diketahui, UKW 40 PWI Malang Raya gratis itu didukung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) , Polresta Malang Kota, DPRD Kota Malang, Polinema, IKIP Budi Utomo, Bank Indonesia, BNI, Bank Jatim, OJK, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Perumda Tugu Tirta, Perum Jasa Tirta I, Perumda Tirta Kanjuruhan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang, PT Best Profit Future (BPF) Malang dan JFX.

Kemudian, MAN 2 Kota Malang, MTsN 1 Kota Malang, Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Gajayana (Uniga), BRI, Pemuda Pancasila Kab. Malang, Pemuda Pancasila Kota Batu, Kasatreskrim Polres Malang, Kasatlantas Polres Malang, Kasatresnarkoba Polresta Malang Kota, Haidary SH, Sumardhan SH dan Helly SH.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.