oleh

Kronologi Pria di Kediri Bacok 10 Orang Tetangga, Tiga Tewas

Kediri, Jurnal Jatim – Aparat kepolisian telah menangkap pria yang mengamuk membacok 10 orang di Wates, Kediri, Jawa Timur hingga mengakibatkan luka-luka dan tiga orang di antaranya tewas, Senin (7/3/2022).

Pelaku adalah Riyanto (35), warga Purworejo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Dia dibekuk polisi di rumah orangtuanya di Desa Pojok, Kecamatan Wates, usai melakukan penganiayaan dan pembunuhan.

“Pelaku sudah diamankan dan masih dalam pemeriksaan,” ungkap Kasatreskrim Polres Kediri, AKP Rizkika Atmadha, pada Selasa (8/3/202).

Informasi didapat menyebutkan, kronologi peristiwa penganiayaan dengan pemberatan yang mengakibatkan orang meninggal dunia itu bermula pelaku datang ke rumah Nurkholis di Dusun Batumulyo, RT 041 RW 012, Desa Pojok, Kecamatan Wates sekitar pukul 12.30 Wib.

Pelaku datang menanyakan keberadaan anak Nurkholis. Melihat gelagat mencurigakan dari pelaku, ketua RT tersebut melarikan diri menuju ke rumah mertuanya Abdul Aziz.

Nurkholis kemudian mengunci pintu pintu rumah bagian belakang, akan tetapi oleh pelaku pintu rumah bagian belakang itu berhasil didobrak.

Setelah pelaku berhasil masuk ke dalam rumah, pelaku menyerang Abdul Aziz, mertua dari Nurkholis yang saat itu keluar dari kamarnya.

Pelaku menyerang Abdul Aziz dengan cara membacokkan sebilah sabit yang mengenai pada bagian pipi sebelah kanan dan bagian leher yang menyebabkan urat nadi putus dan meninggal di RS Bhayangkara Kediri.

Bersamaan itu datang Komariatun dengan maksud untuk melerai, akan tetapi langsung dibacok oleh pelaku.

Setelah melakukan pembunuhan dan penganiayaan, pelaku lalu menuju ke rumah Kasianto tetangga Aziz. Pada saat bertemu Kasianto, pelaku langsung menganiayanya.

Siti Mujayanah, istri dari Kasianto yang mengetahui kejadian tersebut berusaha untuk melerai. Namun, malah mengalami nahas. pelaku yang sudah kalap, langsung membunuh Siti Mujayanah.

Lalu datang Riyanti, Lailatul Saniyah, serta Kristiono bermaksud menenangkan pelaku, akan tetapi pelaku malah secara menyerang mereka bertiga yang mengakibatkan luka -luka serius.

Belum puas melakukan pembunuhan dan penganiayaan, pelaku bergeser menuju ke rumah Poniran. Dan, pada saat menuju ke rumah Poniran, pelaku mendapati Trianah. Pelakuan langsung menyerangnya Trianah hingga tewas di tempat dengan luka bacok di tengkuk leher belakang.

Setelah itu, pelaku menuju ke rumah orang tuanya. Di sana, pelaku juga menganiaya kedua orang tuanya Siswo dan Tuminah.

Usai selesai melakukan aksinya, pelaku membersihkan diri dan menunaikan ibadah salat zuhur di kamar dan pada saat salat zuhur pelaku diamankan warga dan anggota Polsek Wates.”Untuk motif kejadian masih didalami,” kata Rizkika

Atas perbuatannya melakukan penganiayaan berat yang mengakibatkan orang meninggal dunia, pelaku terancam Pasal 338 KUH Pidana. dan atau 351 ayat ( 3 ) KUHPidana.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News