oleh

Pemerkosa Anak SD Hingga Hamil di Jombang Divonis 14 Tahun Penjara

Jombang, Jurnal Jatim – Pengadilan Negeri, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjatuhkan vonis 14 tahun penjara terhadap MA (55) pelaku persetubuhan anak di bawah umur hingga hamil.

Buruh pabrik kayu asal Kecamatan Mojowarno, itu terbukti melakukan perbuatan pemerkosaan dan pencabulan terhadap bocah yang masih tetangganya sendiri yang berusia 12 tahun.

Sidang putusan MA digelar PN Jombang dipimpin ketua majelis hakim Denndy Firdiansyah, Hakim anggota Dodik Setyo Wijayanto, dan Ida Ayu Masyuni, Selasa (14/12/2021) siang

Sidang digelar secara virtual sekitar pukul 13.00 WIB. Terdakwa mengikuti sidang dari Lapas Kelas II Jombang, sedangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengikuti persidangan di kantor Kejari Jalan Wahid Hasyim, Jombang.

Majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan terdakwa MA terbukti secara sah, dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja membujuk anak untuk melakukan persetubuhan dengannya.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa MA oleh karenanya itu dengan pidana penjara selama 14 tahun,” kata Dendy.

“Dan ditambah dengan pidana denda sebesar Rp60.000.000 dengan ketentuan jika denda tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 6 bulan,” lanju Dendy.

Senentata itu, Kasi Pidana Umum Kejari Jombang Achmad Jaya mengungkapkan putusan majelis hakim lebih tinggi dari tuntutan JPU sebelumnya yakni 12 tahun penjara.

“Sekarang Hakim sudah memutuskan perkara itu. Putusannya tadi 14 tahun penjara. Lebih tinggi dari tuntutan kami,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

Menurut Jaya, kepada Majelis Hakim, terdakwa MA menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut. Begitu juga dengan pihak JPU. “Kita masih pikir-pikir,” imbuhnya.

Kasus pemerkosaan yang dilakukan MA terhadap anak di bawah umur yang tak lain adalah tetangga sendiri terungkap Juli 2021. Pihak keluarga melaporkan ke polisi setelah menerima aduan dari korban.

Modus MA yakni membujuk rayu dan memaksa korban untuk melayani nafsu bejatnya di rumah kosong saat bermain di dekat rumahnya. Dalam pemeriksaan, MA mengaku tiga kali menyetubuhi korban hingga hamil.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid