oleh

Pembangunan Frontage Road Aloha-Gedangan Sidoarjo Solusi Kemacetan

Sidoarjo, Jurnal Jatim – Tingginya volume kendaraan yang melintas arah Surabaya, Sidoarjo, dan kendaraan dari jalan Juanda berakibat kemacetan di kawasan bundaran Aloha Gedangan.

Ditambah keberadaan rel kereta api (KA) krosing saat kendaraan hendak putar balik membuat kawasan tersebut padat kendaraan.

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyampaikan usulan terkait penataan bundaran Aloha Gedangan. Pemkab juga menyiapkan desain untuk pembangunan dua flyover dari dan menuju jalan Juanda dengan harapan dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di lokasi tersebut utamanya pada jam berangkat dan pulang kerja.

Pembangunan ini atas amanat Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan, kawasan Bromo-Tengger-Semeru, serta kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan.

Bupati Sidoarjo menyarankan kepada kontraktor untuk menambah pegawai atau jam kerja agar dapat mengejar pembangunan Frontage Road yang ditargetkan selesai sepanjang 1,6 kilometer.

Yakni, mulai dari Aloha hingga dekat Stasiun KA Gedangan atau perempatan Gedangan. Namun, hingga saat ini hasilnya masih belum sampai 50 persen. Terjadi keterlambatan 6 persen dari target. Ada sejumlah faktor memengaruhi keterlambatan pekerjaan itu.

Di antaranya, terdapat beberapa rumah warga disekitar stasiun belum diratakan dengan tanah dan pemasangan sheet pile terhambat tiang PLN. Tiang PLN belum dipindah karena pertimbangan teknis operasional. Jika ditotal, ada 32 tiang yang harus dipindahkan dalam proyek tersebut.

Kepala administrasi pembangunan Kabupaten Sidoarjo Dwi Eko Saptono mengatakan, pada minggu ke-14 dan 15, pembangunan FR mencapai 40 persen, akan kebut di minggu ke 15 dan ke 16. Karena itu, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meminta proyek infrastruktur untuk memecah kepadatan itu dikerjakan 24 jam nonstop.

Penulis : Safira Diah Prasiwi
(Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Program Studi Administrasi Publik Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial)

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel