oleh

Gunung Semeru Erupsi, Gubernur Jatim Minta Warga Evakuasi

Surabaya, Jurnal Jatim – Gunung Semeru di Lumajang dan Kabupaten Malang meletus atau mengalami erupsi pukul 15.00 WIB, Sabtu (4/12/2021). Ketika erupsi, Semeru mengeluarkan guguran awan panas.

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa telah menerima video erupsi Semeru dan mengimbau masyarakat sekitar segera melakukan evakuasi.

“Video serupa saya terima dari Bupati Lumajang, BPBD dan masyarakat sekitar. Saat ini sedang terjadi peningkatan aktivitas gunung Semeru. Mohon masyarakat terdekat dapat mengevakuasi agar aman selamat,” kata Khofifah dalam keterangan video yang diunggah di akun instagram pribadinya @khofifah.ip

“Saat ini BPBD Provinsi sudah bergerak, BPBD Kabupaten Lumajang sudah merapat. Bupati Lumajang juga bergerak ke lokasi. Insya Allah malam ini saya ke lokasi. Mohon ihtiar dan do’a mugi selamet sedoyo (selamat semua),” sambungnya.

Sebelumnya BPBD Jatim memastikan bahwa tidak ada korban di desa terdekat. Diketahui desa terdekat yakni Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Dalam video yang beredar, warga lari menghindari erupsi Semeru.

“Korban nihil,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Budi Santosa.

Sementara, untuk lokasi yang terdampak berada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Namun untuk dampaknya sendiri belum diketahui secara rinici. “Dampak dalam pendataan,” ujarnya

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid