oleh

Pesan Wakil Ketua DPRD Jombang untuk Generasi Muda di Hari Pahlawan

Jombang, Jurnal Jatim – Wakil Ketua DPRD Jombang, Jawa Timur, Farid Al Farisi mengajak para generasi muda pada momentum Hari Pahlawan tahun 2021 menjadikannya sebagai inspirasi dalam mengisi pembangunan.

Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November tak lepas dari sejarah dan peristiwa dikeluarkannya Fatwa Jihad Hadratussekh, KH Hasyim Asyari pendiri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang yang kemudian menjadi Resolusi Jihad hingga menjadikan semangat perjuangan Bangsa Indonesia.

Terutama arek-arek Suroboyo dan sekitarnya yang dimotori Bung Tomo dalam perlawanan melawan Belanda dan sekutunya hingga puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Jombang sendiri merupakan batas barat dari radius Jihad Fii Sabilillah melawan penjajah pada peristiwa tersebut.

“Semangat seluruh pahlawan yang telah gugur mendahului kita semoga tetap menjadi inspirasi dan penyemangat bagi kita semua, terutama para generasi muda untuk berbuat yang positif dalam rangka menjaga dan membangun bangsa ini,” ungkap Farid Al Farisi, Rabu (10/11/2021)

Menurut pria yang akrab disapa Gus Farid tersebut, pengorbanan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diproklamirkan Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945 tak bisa digantikan dengan apapun.

Oleh karenanya, Farid mengajak semua pihak untuk menghargai jasa-jasa pahlawan dengan mendoakan arwah para pahlawan dan meneruskan perjuangan mereka dengan menjaga persatuan dan pembangunan.

Anggota DPRD Jombang dari Fraksi PPP tersebut juga mengingatkan bahwa, cita-cita para pahlawan yakni ingin menjadikan Bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

“Sudahkah kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri, ini yang perlu kita angan-angan bersama. Jika belum, harusnya setiap hal yang kita dilakukan, baik di roda pemerintahan maupun di luar pemerintahan, berujung pada kedaulatan Bangsa Indonesia di atas tanah airnya sendiri,” ujarnya.

Pada masa pandemi COVID-19 saat ini, politikus partai Ka’bah itu juga menyarankan pihak-pihak yang diberikan kelebihan Tuhan Yang Maha Esa dalam hal rezeki, agar membantu orang-orang yang kekurangan.

“Kita tahu pandemi COVID-19 yang terjadi selama kurang lebih dua tahun terakhir ini meluluhlantakkan sendi-sendi perekonomian. Mari kita bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dengan begitu, kita juga berbuat lebih baik untuk bangsa kita, seperti cita-cita luhur para pahlawan,” kata dia memungkasi.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel