oleh

Kisah Perjuangan Relawan Donor Darah di Jombang Meyakinkan Warga

Jombang, Jurnal Jatim – Meski menjadi seorang pendonor darah itu adalah tugas yang sangat mulia karena membantu masyarakat yang membutuhkan, namun tidak mudah membuat meraka menjadi pendonor sukarela. Perlu usaha keras untuk meyakinkan mereka.

Demikian disampaikan relawan donor darah Riduwan setelah mengikuti donor darah di Desa Japanan, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Sabtu 23 Oktober 2021 lalu. Donor darah itu merupakan Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) Bakti Pemuda #SetetesDarahUntukNegeri2021.

Hari itu, memang puluhan orang warga Desa Japanan berduyun-duyun datang ke balai desa setempat. Bayangan tajamnya ujung jarum suntik seakan tak menyurutkan mereka untuk berdonor, tujuan mereka hanya satu, kemanusiaan.

Untuk mengumpulkan puluhan orang itu, kata Riduwan bukanlah hal mudah, apalagi tidak ada imbalan apapun bagi pendonor.

“Mungkin, hanya mereka yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi yang rela menyumbangkan setetes darahnya untuk orang lain,” tutur di kesempatan berbeda, Senin (1/10/2021).

Untuk meyakinkan warga desa agar mau donor saat pandemi seperti ini, banyak energi yang harus dicurahkan. Dia harus rela selalu mengingatkan terus menerus, melalui grup WhatsApp, telepon, bahkan harus datang mengetuk pintu-pintu rumah mereka.

“Saya bujuk juga bahwa donor darah itu tidak sakit dan manfaatnya banyak sekali,” kata pria berumur 50 tahun itu.

Kisah Perjuangan Relawan Donor Darah di Jombang Meyakinkan Warga

Panitia kegiatan donor darah mencatat ada sekitar 30 orang yang sukarela mau diambil darahnya. Riduwan pun sangat bersyukur masih banyak yang donor darah secara sukarela, seperti dari anggota Banser, Ansor, fatayat, muslimat dan karang taruna, perangkat desa.

“Saya tetap bangga karena masih banyak yang datang menjadi pendonor di tengah pandemi ini,” ujar Riduwan yang bangga dengan hasil dari perjuangannya juga.

Donor darah di Desa Japanan Kecamatan Mojowarno adalah Kolaborasi KITA yang mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat.

Lebih dari 800 komunitas di 88 kota dan kabupaten di wilayah Indonesia Timur terlibat dalam kegiatan #SetetesDarahUntukNegeri2021. Kegiatan itu juga bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Jombang.

“Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders, dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ino sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur,” tambah koordinator kegiatan donor darah, Riris.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid