oleh

Polisi Mendadak Tes Urine Perangkat Desa Kampung Bersinar di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Polisi mendadak tes urine sejumlah perangkat desa Candimulyo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur usai peresmian Kampung Tangguh Bersih Narkoba (Bersinar) di desa tersebut, Rabu (16/6/2021).

Kasatresnarkoba Polres Jombang, AKP Moch Mukid mengungkapkan, bahwa tes urine dilakukan secara mendadak untuk memastikan perangkat desa di kampung tangguh Bersinar tersebur tidak ada yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

“Kita lakukan mendadak, ambil sampling urine empat orang perangkat desa. Dites urine menggunakan alat 6 parameter yang hasilnya bisa langsung diketahui beberapa menit kemudian,” kata Mukid.

Setelah ditunggu selama kurang lebih 10 menit, hasil tes urine keempat perangkat desa yang salah satunya sekretaris desa muncul dan dapat dilihat kasat mata.

“Bisa kita lihat bersama, hasilnya negatif kandungan narkoba. Dan ini tidak ada rekayasa,” katanya sembari memberikan penjelaskan terkait tes urine tersebut.

Mukid berpesan agar semua masyarakat khususnya para aparatur desa untuk tidak mendekati narkoba jika tidak ingin berhadapan dengan hukum. Karena, ancaman pengguna maupun pengedar sangat berat, bahkan hukuman mati.

Mukid menyebut, bahwa dulu peredaran narkoba di Desa Candimulyo, Jombang sangat tinggi. Terbukti banyaknya pelaku baik pengguna maupu pengedar yang ditangkap dari desa tersebut.

“Sebelumnya, desa sini memang banyak kasus narkobanya. Namun, sekarang ini sudah bersih. Semua berkat dukungan pemerintah desa dan masyarakat di sini. Makanya, kita resmikan sebagai kampung tangguh bersinar,” jelasnya.

Predikat kampung tangguh bersinar di Desa Candimulyo diharapkan agar terus dipertahankan bebas dari peredaran narkoba sehingga benar-benar bisa menjadi percontohan desa lainnya di Kabupaten Jombang.

Diresmikan sebagai kampung bersinar

Desa Candimulyo, Kabupaten Jombang, Rabu (16/6/2021) dinobatkan sebagai Kampung Tangguh Bersinar. Peresmian dilakuan Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

dihadiri Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho dan jajaran, Kepala BNN Mojokerto AKBP Suharsi serta Kepala Lapas Jombang Mahendra Sulaksana.

Pembentukan kampung tangguh bersinar merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo guna memberantas peredaran narkoba di daerah-daerah.

“Diharapkan masyarakat di desa berperan aktif menjaga kampungnya dari peredaran gelap narkoba yang merusak generasi bangsa. Jika ada temuan, untuk segera dilaporkan ke polisi,” kata Kapolres Jombang.

 

Editor: Azriel