oleh

Perajin Mahkota Kubah Masjid di Jombang Banjir Pesanan Bulan Ramadan

Jombang, Jurnal Jatim – Perajin mahkota kubah masjid dan musala di Jombang, Jawa Timur kebanjiran pesanan di bulan ramadan lantaran banyak yang mempersolek dengan mengganti mahkota kubah masjid maupun musala-nya menyambut hari raya Idulfitri 1442 H.

Salah satu di antaranya Imam Mutaqin, (37), perajin mahkota kubah, di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto, Jombang. Dia banyak menerima pesanan mahkota kubah yang selama ini dipasarkan secara online.

Imam mengatakan, pada hari bisa, dia hanya mengerjakan 10 sampai 15 unit mahkota kubah. Namun, sejak awal ramadan sampai sekarang pesanan terus bertambah hingga dua kali lipat.

“Sekarang saya bisa menerima pesanan 30 sampai 35 unit mahkota kubah dalam satu bulan, dan itu pun masih terus berdatangan yang pesan. Ya naik dua kali lipat,” ujarnya, Rabu siang (14/4/2021).

Menurut Imam, pesanan tidak hanya dari Jombang saja, melainkan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Di antaranya Sidoarjo, Surabaya, Lamongan hingga Banyuwangi.

“Untuk pengiriman, ada yang diambil sendiri ada juga yang kita kirim lewat ekspedisi,” kata Pria asal Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat tersebut.

Meningkatkan pesanan, secara tidak langsung omset penjualannya meningkat. Pada bulan biasa, Imam hanya mendapatkan Rp5 juta sampai Rp10 juta perbulan.

“Sekarang saya mendapatkan omset Rp20 juta lebih dalam satu bulan. Alhamdulillah ada kenaikan, ini berkah ramadan,” tuturnya.

Dia menceritakan, tahun 2016 silam merantau ke Kabupaten Jombang, Jawa Timur lalu membuat usaha kerajinan tangan berupa mahkota kubah yang terbuat dari bahan stainless.

Selain membuat mahkota kubah, Imam juga meneriman pesanan kaligrafi. Semua itu ia kerjakan sendiri di rumah kontrakannya yang lokasinya di pinggiran kota.

Kendati banyak pesanan pada bulan-bulan khusus, seperti bulan ramadan, Imam tetap mengerjakan sendiri. Alasannya, agar kualitas mahkota kubah buatannya bagus dan bisa bertahan hingga puluhan tahun kemudian.

Dengan penuh keterbatasan tenaga, dia mengaku mampu membuat dan menyelesaikan 20 hingga 25 unit mahkota kubah dalam kurun waktu satu bulan dengan ukuran bervariatif.

“Cepat atau lamanya pembuatan mahkota kubah, tergantung model dan besar kecilnya pesanan. Sebulan bisa mengerjakan sekitar 25 unit,” ujarnya.

Patokan harganya pun bervariatif, sesuai dengan ukuran pesanan. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Harga mulai dari Rp300 ribu hingga Rp3,5 juta per unit. Ya sesuai dengan ukuran pesanan,” kata pria asal Ciamis, Jawa Barat tersebut.

 

 

Editor: Hafid