oleh

Heboh, Ular Sanca 4 Meter Berkeliaran di Halaman Rumah Warga Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Seekor ular sanca dengan panjang mencapai 4 meter ditemukan berkeliaran di halaman rumah warga terdampak banjir di Dusun Betek barat, Desa Betek, Kecamatan Mojojagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (2/4/2021).

Praktis warga sekitar langsung heboh. Warga lalu ramai ramai menangkap binatang jenis reptilia tersebut. Setelah itu, ular dimasukkan ke dalam sangkar yang telah disiapkan.

Zainul Arifin (35), warga setempat, pertama kali melihat binatang pemakan hewan ternak itu mengambang di kali gunting desa setempat. Setelah itu, dia memberanikan diri untuk mengejarnya

“Di sungai itu ada anak-anak kecil mandi, terus saya suruh naik karena ada ular. Kemudian ularnya saya cari hilang lagi,” tutur Zainul kepada wartawan di lokasi.

Heboh, Ular Sanca 4 Meter Berkeliaran di Halaman Rumah Warga Jombang

Tidak lama kemudian, kata Zainul ular itu kembali muncul ke permukaan. Diapun kembali mengejarnya. Karena ular tersebut panjang dan besar, lantas dia memanggil warga untuk ramai-ramai menangkapnya.

Saat hendak ditangkap, ternyata ular itu melawan dan berusaha menyerang. Agar tidak melukai, warga menangkapnya dengan menggunakan tali. Alhasil, upaya itu berhasil.

“Penangkapan ular di teras rumah, pas banjir. Yang menangkap 6 orang, karena ularnya berat jadi tidak bisa sendiri,” tuturnya.

Setelah tertangkap, ular itu dimasukkan ke dalam sangkar. Ular itu diperkirakan memiliki berat 30 kilogram. Ular tersebur diduga dari daerah Wonosalam, Kabupaten Jombang yang terbawa arus sungai ketika banjir melanda.

“Selama ini, di sini tidak ada hewan ternak yang hilang. Kemungkinan ular ini bersal dari Wonosalam, terbawa arus sungai yang deras saat banjir,” terang dia.

Selama penangkapan ular, tidak ada korban jiwa maupun luka. Selanjutnya, Zainul berencana akan menjual ular terpanjang di dunia tersebut.

 

Editor: Azriel