oleh

Santri di Jombang Gelar Salat Gaib Untuk Pendakwah Sekh Ali Jaber

Jombang, Jurnal Jatim – Ratusan santri pondok pesantren Al Aqobah, Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur menggelar salat gaib untuk pendakwah Sekh Ali Jaber yang wafat pada hari ini, Kamis (14/1/2021).

Salat gaib dilaksanakan di Masjid Pondok Al-Aqobah dipimpin salah satu pengasuh, Ustaz Kanzul Fikri. Selain menggelar salat gaib, para santri juga berdoa bersama-sama secara khusuk.

Salat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai dari mengenakan masker hingga menjaga jarak satu meter guna menghindari penyebaran COVID-19.

“Salat gaib ini kami tujukan untuk almarhum Syekh Ali Jaber sebagai ungkap duka atas kepergian beliau,” kata Ustaz Kanzul Fikri usai salat gaib.

Pria yang akrab disapa Gus Fikri menilai, pemuka agama bernama lengkap Ali Saleh Mohammed Ali Jaber tersebut merupakan sosok ulama yang patut untuk diteladani.

Semangatnya mendorong dan mencetak para penghafal Alquran di Indonesia menjadi motivasi tersendiri bagi para santri untuk mencintai dan mempelajari Alquran

“Beliau di mata para santri adalah teladan yang sangat baik, terutama kegigihan beliau dalam menyebarkan ilmu Al-Qur’an, memasyarakatkan Al-Qur’an di Bangsa Indonesia ini,” tuturnya.

Hal yang bisa diteladani dari pendakwah asal Madinah, Arab Saudi tersebut dalam kesungguhannya menyebarkan Al-Quran dan juga memberikan motivasi kepada generasi muda, terutama anak-anak kecil dan remaja dalam mempelajari Al-Qur’an.

“Dan juga kesantunan dalam berdakwah, meskipun beliau kemarin sempat mendapatkan cobaan, tapi beliau mau memaafkan. Dan keseharian beliau adalah seorang ulama yang sangat moderat sekali. Ini yang kita pelajari dari sosok beliau,” kenangnya.

Fikri kembali menyampaikan keluarga besar pesantren Al-Aqobah turut berbelasungkawa atas berpulangnya Dai yang lahir di Madinah, 3 Februari 1976 silam.

Seperti diketahui, pendakwah ternama Syekh Ali Jaber meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit Yarsi, Jakarta pada hari ini, Kamis (14/1/2021) pukul 08.30 WIB.

Sebelumnya, Syekh Ali Jaber dinyatakan positif COVID-19 pada Selasa (29/12/2020) lalu. Ia sempat masuk ruang ICU RS Yarsi pada Rabu (30/12/2020). Namun, Ustaz Yusuf Mansur menyebut Syekh Ali Jaber meninggal dalam keadaan negatif Corona.

“Benar Syeikh Ali wafat. 08.30 WIB, sudah dalam keadaan negatif COVID. Di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta,” tulis Yusuf Mansur.

 

Editor: Hafid