Perempuan Golkar Bantu Bahan Pokok ke Pekerja Jalanan di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) – Peringatan hari kartini di tengah pandemi virus coroba (COVID-19), perempuan partai Golkar Jombang terinspirasi untuk menggelar (baksos) bagi warga terdampak virus corona. Baksos tersebut dengan berbagi kebutuhan bahan pokok serta pembagian masker gratis, Selasa pagi (21/4/2020).

Ketua DPD Partai Golkar Jombang, Tjaturina Yuliastuti menyampaikan, kegiatan sosial yang dilakukan partai beringin tersebut dilakukan serentak di seluruh Jawa timur (Jatim). Untuk di Jombang, dilakukan oleh kesatuan perempuan partai golkar (KPPG), Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) dan Al hidayah. Tujuannya, untuk membantu meringankan warga yang terdampak wabah virus corona.

“Ini dilaksanakan secara serentak se Jatim, dan juga dilakukan dengan conference (vidcon) atau konferensi teknologi video online multi-genre,” kata perempuan yang akrab dipanggil bunda Tjatur tersebut.

Perempuan Golkar Bantu Bahan Pokok ke Pekerja Jalanan di Jombang
Pemberian sembako ke tukang /Zainul Arifin

Sembako dibagikan ke pekerja jalanan terdampak COVID-19

Tjatur menjelaskan ada ratusan bungkus kebutuhan pokok yang telah dibagikan ke masyarakat. Penerimanya adalah warga yang terdampak, terutama para jalanan, di antaranya , tukang parkir, lijo, pedagang kaki lima, serta petugas penyeberang jalan. Mereka semua yang terdampak secara langsung karena penghasilan hariannya berkurang sejak pandemi COVID-19.

“Ada 400 bungkus (kebutuhan pokok) yang kita bagikan, ada mie instan, goreng, beras tiga kilogram, dan telor,” jelasnya.

“Kita juga beri masker kepada warga yang tidak memakai masker,” sambung sekretaris Golkar Budiman sembari menambahkan pembagian dengan menerapkan physical distancing atau jaga jarak.

Perempuan Golkar Bantu Bahan Pokok ke Pekerja Jalanan di Jombang
Penyerahan bahan pokok ke warga/Zainul Arifin

Perempuan golkar pakai selendang

Ada yang unik dalam kegiatan sosial tersebut. Yakni, para srikandi partai beringin tersebut memakai selendang yang disangkutkan pada kedua bahu. Tujuannya untuk memperingati hari lahir raden ajeng kartini pada tanggal 21 April.

“Kebetulan saat ini bertepatan dengan hari Kartini teman-teman memakai selendang. Ini bagian dari inspirasi kartini untuk peduli kepada sesama,” imbuh Tjatur.

Perempuan Golkar Bantu Bahan Pokok ke Pekerja Jalanan di Jombang
Perempuan Golkar Peduli/Istimewa

Memberi contoh pada masyarakat yang mampu untuk peduli sesama

Sementara itu, Maya Novita, anggota Jombang dari golkar menambahkan, kegiatan sosial itu amat sangat bermanfaat untuk masyarakat di tengah kondisi pandemi COVID-19. Selain itu, legislator dari dapil V tersebut mengatakan, untuk memberi contoh kepada masyarakat yang lebih mampu agar bisa berbagi walaupun sedikit tapi mengena dan bermanfaat.

“Untuk pesan HR kartini, mari wanita dan belajar setiap hari untuk menciptakan dan menumbuhkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan bermanfaat,” ujar sekretaris fraksi partai golkar tersebut.


Editor: Hafid