oleh

PAUD Jombang Gelar Pawai Budaya 2018

Jombang, Jurnaljatim.com

Puluhan anak TK (Taman Kanak-kanak) dan seusianya menggelar pawai budaya dan drum band PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se Jombang tahun 2018. Mereka tampil dengan berbagai beragam kesenian budaya.
Bunda PAUD Jombang, Tjaturina Wihandoko menyampaikan, kegiatan tersebut sangat positif dan bermanfaat untuk anak-anak. Yakni, menjadikan penerus bangsa yang berkarakter, serta Berguna bagi keluarga, guru, agama, nusa dan Bangsa.
Tjaturina mengatakan, Tujuan kegiatan itu untuk menampilkan keragaman tradisi, adat istiadat yang berkembang dikehidupan masyarakat Jombang yang ditampilkan oleh perwakilan masing-masing TK se-Kabupaten Jombang dengan menampilkan kesenian-kesenian.
“Disamping itu, juga untuk menggali, mengembangkan serta mempromosikan kembali potensi kesenian dan kebudayaan tradisional Jombang” kata Tjaturina Wohandoko.
Ia berharap, pada tahun berikutnya dapat kembali terlaksana dan mrnjadi lebih baik. Sebab, anak anak sebagai generasi emas harus mengenal kesenian dan budaya sejak dini. Budaya merupakan warisan leluhur yang harus terus dilestarikan.
“Semoga putra putrinya prestasinya lebih meningkat dalam segala bidang dengan tetap mengedepankan Jombang Berkarakter, cerdas, bersih bermartabat,” ujarnya.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, drg. Budi Nugroho ketika dikonfirmasi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, pawai budaya yang dilakukan oleh siswa PAUD merupakan salah satu upaya stimulasi dalam tahapan tumbuh kembang anak.
“Sehingga anak akan mampu melengkapi tumbuh kembangnya, disamping yang didapat dari asupan gizi, serta dari bimbingan orang tua,”ujarnya.
Pada kegiatan pawai budaya itu yang diikuti 65 TK se Kabupaten Jombang itu mengambil tema “Melalui Keragaman Budaya Kita Wujudkan Generasi PAUD Yang Berkarakter”. 
Selain Tjaturina, hadir diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Jombang, ketua PGRI, Kelompok kerja Guru (KKG) 3 Kecamatan Jombang, Kepala sekolah TK se Jombang, serta Camat Jombang. (Ber/jur)

Komentar