Nelayan Kritis Keracunan Miras

Trenggalek, Jurnaljatim.com
Dalam waktu kurang dari dua minggu, dua korban meninggal dunia akibat keracunan minuman keras di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Kali ini korban yang masuk rumah sakit RSUD Dr Iskak Tulungagung, Didik Rusdianto asal Desa Tasik Madu, Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.
Korban diduga mengalami keracunan minuman keras, setelah menggelar pesta miras bersama teman – temannya, Sabtu (8/9/2017) malam. Korban masuk ke instalasi gawat darurat dengan kondisi kritis dan mengalami penurunan kesadaran.
Ahmad Rifai, Humas RSUD Dr Iskak mengatakan, Didik merupakan pasien ke 14 kasus keracunan methanol, yang masuk ke rumah sakit tersebut dalam waktu kurang dari dua pekan ini. Dari 14 korban tersebut, dua diantaranya meninggal dunia. Dua pasien lain mengalami penglihatan kabur dan terancam buta.
“Jumlah pasien ini cenderung meningkat dari bulan sebelumnya,” kata Ahmad Rifai pada wartawan.
Untuk menetralisir kandungan methanol pada tubuh korban, perawat menggunakan minuman jenis tertentu, yang mempunyai kadar etanol lebih tinggi. Selain itu, perawat juga memasang alat bantu pernafasan dan terus memantau kondisi tubuh seorang nelayan tersebut. (fai/jur)

Komentar