oleh

Film G30S PKI Ditonton Ribuan Santri Tebuireng Jombang

Jombang, Jurnaljatim.com
Ribuan santri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur nonton bareng (nobar) film ‘Pengkhianatan G30S/PKI”. Selain para santri dan ustad, sejumlah anggota TNI dari Koramil Diwek Jombang juga terlihat ikut menyaksikan film tersebut, Kamis (20/9/2018).

Acara Nobar tersebut digelar di area parkir pondok setempat dan diputar sekitar pukul 19.00 Wib. Tujuan Nobar itu selain untuk memberi wawasan sejarah kepada para santri, juga sebagai pengingat agar peristiwa serupa tidak terulang.
Direktur Pembinaan Lembaga Pendidikan Pesantren Tebuireng, Kusnadi Said mengungkapkan, melalui film tersebut diharapkan dapat memberi pemahaman kepada para santri, tentang upaya mengganti dasar negara merupakan bentuk pemberontakan terhadap negara.
“Dengan mengetahui sejarah kelam pemberontakan PKI dan kisah kepahlawanan para penyelamat NKRI dan Pancasila, jiwa patriotisme para santri kian kuat,” ujar Kusnadi pada wartawan.
Ia mengatakan, para santri yang menonton adalah mereka yang mengenyam pendidikan setingkat SMP hingga setingkat SMA. Sebab, rata-rata mereka tidak tahu bagaimana sejarah pemberontakan PKI tersebut. (jbg1/jur)

Komentar