Demi Kenyamanan Natal, AKBP Muhammad Perintahkan Sterilisasi Gereja di Nganjuk

, Jurnal Jatim – Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan dan tempat-tempat ibadah umat Nasrani jelang 2023, Minggu (24/12/2023).

AKBP Muhammad menyebut sterilisasi adalah upaya preventif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Nganjuk.

Hal itu dilakukan untuk memastikan perayaan malam berjalan dengan aman dan damai tanpa gangguan dari pihak yang tidak bertanggungjawab.

Nganjuk berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada seluruh umat Nasrani yang akan merayakan malam Natal di Kabupaten Nganjuk,” katanya, tertulis, Minggu (24/12/2023).

Mohammad mengungkapkan sterilisasi merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang wajib dilakukan dengan terlebih dahulu dilaksanakan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antara Polri, TNI dan instansi terkait.

“Serta remaja gereja dan Pam swakarsa, guna mewujudkan suasana perayaan Natal yang sejuk aman, nyaman dan kondusif,” tandasnya.

Sementara itu, Nganjuk, Kompol Masherly Sutrisno menegaskan pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap seluruh ruangan di dalam gereja di wilayah hukum setempat.

Pemeriksaan tersebut termasuk pada ruang ibadah, ruang pastoran, dan juga ruang penyimpanan barang.

“Pemeriksaan juga dilakukan terhadap lingkungan sekitar gereja,” ujar Masherly.

Selain itu, dikatakan Masherly, petugas juga melakukan pemantauan terhadap setiap kendaraan yang masuk dan keluar dari area gereja.

Tindakan itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap potensi ancaman dari luar, sehingga keamanan dapat dijaga dengan maksimal.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melaporkan setiap hal yang kepada petugas keamanan. Kerja sama dan partisipasi aktif masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan keamanan bersama,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com