Imbas Longsor di Purwokerto, KA Bangunkarta Relasi Jombang-Pasarsenen Memutar

Jombang, Jurnal Jatim – Imbas api di Purwokerto, Senin (4/12/2023), perjalanan Bangunkarta relasi Jombang-Pasarsenen Jakarta harus memutar.

Madiun menyampaikan sampai pukul 17.00 WIB, KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasarsenen yang seharusnya melewati – Purwokerto, memutar ke arah Bandung

Tidak hanya itu, KA Singasari relasi Blitar – Pasarsenen yang seharusnya melewati Jogjakarta-Purwokerto, rencananya akan dialihkan melalui – Semarang.

Sedangkan untuk KA lain yang melintas di Daop Madiun yang terdampak adalah relasi Cirebon-Jember mengalami keterlambatan 25 menit dan KA Argo Relasi Gambir – Surabaya Gubeng terlambat 30 menit.

Lalu untuk KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Surabaya-Pasarsenen dan relasi Pasarsenen-Surabaya memutar ke arah Solo – Semarang.

Deputy Vice President PT KAI Daop 7 Madiun, Irene Margareth Konstantine mengatakan PT KAI Daop 7 Madiun memohon maaf atas gangguan perjalanan api (KA) yang disebabkan longsor akibat curah hujan tinggi di lintas Karanggandul – Karangsari Jawa Tengah di Daop 5 Purwokerto.

Longsor itu terjadi pada Senin (4/12/2023) dini hari pukul 00.58 WIB. Menurutnya, longsor merupakan kejadian alam yang tidak dapat dikendalikan oleh PT KAI.

“Kami atas nama manajemen PT KAI mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat longsor yang menutupi jalur hulu dan hilir di lintas Karanggandul-Karangsari, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Daop 5 Purwokerto,” ujar Irene Margareth tertulis, Senin (4/12/2023)

Ia menjelaskan kronologi kejadian pada Senin (4/12/2023) pukul 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi.

Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu tetap dapat dilalui sehingga perjalanan KA dialihkan menjadi 1 jalur melalui hulu dan KA tetap berjalan.

Tetapi, pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran sehingga dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak longsoran dan untuk sementara waktu belum dapat dilalui.

“Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar lintas utara,” katanya.

Irene menambahkan, KAI saat ini tengah melakukan upaya pemulihan perjalanan kereta api di wilayah tersebut. Penanganan terus dilakukan baik dari sisi pengaturan operasional KA maupun prasarana jalur KA.

“Kami berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA,” ujarnya.

Irene berharap cuaca segera membaik dan longsor segera teratasi agar jalur kereta api yang terdampak kembali normal serta perjalanan kereta api dapat beroperasi dengan lancar.

“Namun demikian untuk sampai saat ini wilayah Daop 7 secara umum dalam kondisi aman lancar dan terkendali,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com