Jenazah Tokoh NU Cak Anam Dimakamkan Samping Pusara Ibunda di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Jenazah Tokoh () Choirul Anam dimakamkan di Jombang, yakni di Sawiji, Jogoroto, Senin (9/10/2023) siang tadi.

Sebelum dimakamkan di tanah kelahirannya, jenazah almarhum yang akrab dipanggil Cak Anam itu dibawa ke duka di Jalan Kutisari Indah Barat IV, Surabaya, Jatim. Sekitar pukul 12.00 WIB di berangkatkan ke Jombang.

Berdasarkan pantauan, jenazah tokoh senipr NU sekaligus itu tiba di kampung halaman sekitar pukul 13.00 WIB. Usai disalati, 30 menit kemudian dikebumikan di pemakaman keluarga yang berlokasi di belakang yayasan keluarga.

Ratusan orang dari keluarga, kerabat dan masyarakat turut mengantar pemakaman almarhum. Posisi Makam Cak Anam tepat di samping (sebelah) barat pusara ibunda, Hj Sofiyah Mansur.

Beberapa kerabat dan keluarga tampak tak kuasa menahan tangis atas berpulangnya Cak Anam.

Adik bungsu Cak Anam, Muhtajuddin mengatakan, alasan Cak Anam dimakamkan di Jombang dari isyarah almarhum jauh hari semasa hidupnya. Namun, Muhtajuddin membantah pemakaman di Jombang adalah wasiat.

“Bukan wasiat ya, tapi isyarah beliau dulu. Tapi kalau alasan ibunya (istrinya) supaya anak-anaknya sering ke Jombang, karena rumahnya juga di Jombang, rumahnya di sini,” katanya.

Dikatakan Muhtajuddin, kakak kandungnya pada usia 69 tahun karena sakit.

Ia menyebut, Cak Anam menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Islam (RSI) Jemursari, Surabaya, Senin (9/10/2023) selepas subuh atau sekitar pukul 05.45 WIB.

“Beliau (almarhum) sempat menjalani perawatan di RSI Jemursari selama kurang lebih 10 hari karena kondisi kesehatannya menurun (sakit),” kata.

Cak Anam merupakan anak ketiga dari 8 bersaudara dari pasangan Almarhum Suhaji dan Sofiyah Mansur. Dia meninggal dunia dengan meninggalkan seorang istri dan lima orang putra putri yang sudah berkeluarga.

“Mohon doanya semoga almarhum kakak saya meninggal husnul khotimah, diampuni segala dosanya serta mohon maaf jika ada kesalahannya,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di , Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.