Usai Ziarah, Anies Baswedan Minta Doa Restu Ibunda Muhaimin Iskandar di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sowan ke rumah Nyai Muhasonah Iskandar, ibunda ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar di Jombang, Jawa Timur.

Sebelum sowan ke rumah Ibunda Muhaimin, Anies Baswedan makam pendiri pesantren , Kamis (31/8/2023), siang.

Anies didampingi oleh Pengasuh Mambaul Maarif KH Abdussalam Shohib Bisri dan sejumlah pengurus pondok.

Usai berkirim doa, Anies di pusara Kiai Bisri Syansuri, KH Muhammad Iskandar (ayahanda Muhaimin) dan sejumlah sejumlah makam besar pesantren Denanyar.

Pria yang bakal dicapreskan Pemilu 2024 itu mengaku bersyukur bisa sampai di pondok Denanyar untuk ziarah makam Kiai Bisri dan para zuriahnya (keturunannya).

Usai Ziarah, Anies Baswedan Minta Doa Restu Ibunda Muhaimin Iskandar di Jombang

“Kita semua berharap agar beliau-beliau terus bisa menjadi panutan bagi kita. Karena itulah kita datang berziarah berharap bisa meneruskan apa yang menjadi jasa di dalam perjuangan, baik di dalam perjuangan   perjuangan umat dan perjuangan bangsa,” kata Anies.

Anies menyebut selain di makam Kiai Bisri Syansuri, ia sempat juga di makam Gus Iim () adik kandung Gus Dur kemudia juga di makam Kiai Iskandar ayahnya Cak Imin, serta makam KH Yusuf Kholil ayahnya Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

“Jadi semua zuriah di sini ya Alhamdulillah bisa bersyukur bisa diziarahi semua,” kata mantan menteri pendidikan nasional ini.

Apakah ziarah ke makam Pesantren Denanyar itu bagian dari sinyal akan menggandeng Cak Imin pada Pilpres tahun depan? Anies tidak menjawab pertanyaan itu. “Dah itu dulu ya,” ucapnya.

Usai ziarah, Anies berkunjung ke rumah ibu Cak Imin yang masih satu kawasan Pesantren Denanyar Jombang. Namun, pertemuan dilakukan tertutup. Sejumlah wartawan hanya diizinkan mengambil gambar maupun dari gerbang rumah. Pertemuan berlangsung sekitar 30 menit dan Anies langsung meninggalkan lokasi.

Gus Salam menegaskan Anies Baswedan menemui ibunda Cak Imin untuk minta doa restu dan mengenalkan diri. Gus Salam juga membantah adanya pembicaraan akan menggandeng Cak Imin.

“Beliau hanya minta doa restu, minta pangestu, mengenalkan diri, didoakan sama ibunya Cak Imin,” kata Gus Salam.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com