Cabor Pencak Silat Kejurprov Jatim 2023 Mulai Tanding di Jombang, 399 Pesilat Unjuk Gigi

, Jurnal Jatim – Cabang (Cabor) kejuaraan provinsi (Kejurprov) Jawa Timur (Jatim) 2023 mulai dihelat di Jombang.

Ada sebanyak 399 pesilat putra maupun putri bertanding di Auditorium Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Senin (21/8/2023).

Penuturan Wigatiningsih selaku delegasi teknik Cabor Pencak Porprov 2023, ada sebanyak 37 kabupaten dan kota se Jawa Timur turut serta mengirimkan para atlet.

“Pencak silat ada 37 kabupaten atau kota dari 38 daerah, yang absen kabupaten Pacitan,” kata Wigatiningsih kepada , Senin (21/8/2023).

Menurut Wigati sapaan akrabnya, peserta akan bertanding di 22 kelas dengan jumlah pesilat sebanyak 399 orang pesilat putra dan putri.

Semua pesilat dibagi menjadi beberapa kategori, yakni kategori tanding, kategori seni yang terdiri dari tunggal, ganda, dan regu putra dan putri.

Kategori tanding mempertandingkan 16 kelas, 10 kelas putra dan 6 kelas putri. Kategori tunggal, ganda, regu atau seni ditandingkan 3 kategori putra dan 3 kategori putri.

“Pertandingan menggunakan sistem tunggal,” ujar dia.

Lebih lanjut Wigati menambahkan bahwa pelaksanaan pertandingan sesuai jadwal sampai  pada Jumat 25 Agustus 2023 dan pada pagi harinya dilaksanakan final.

“Setelah salat Jumat dilakukan penyerahan penghargaan pemenang, semoga bisa dihadiri KONI Jatim,” kata Wigati.

Perlu diketahui, tadinya pertandingan cabor pencak silat Porprov Jatim 2023 akan dilaksanakan pada 9 sampai 16 September di GOR Merdeka Jombang.

Namun, rencana tersebut bersamaan dengan kejurnas Pra kualifikasi Nasional (PON) yang sebagian besar peserta bertanding membela nama daerah di kejuaraan provinsi ini.

Maka, kata Wigati, untuk kepentingan lebih besar yang membawa nama Jawa Timur atas keputusan stakeholder yang ada, Ketum IPSI Jatim dan ketua KONI Jatim memutuskan dan menyetujui cabor pencak silat porprov 2023 dimajukan 20 sampai 25 Agustus 2023.

“Lokasinya lebih representatif di GOR karena ada tribun. Komitmen kami supaya pertandingan aman diberi barikade penonton,” tandasnya.

Dapatkan update berita menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.