Mahasiswa asal Jombang Jadi Duta Pemuda Kebudayaan Indonesia 2023, Lihat Profilnya!

, Jurnal – Mahasiswa asal Kabupaten Jombang terpilih menjadi duta Pemuda kebudayaan Indonesia 2023. Ia, Farhan Sahir Muhammad Alfayi atau akrab disapa Farhan. Usianya baru 22 tahun, namun gemilang banyak ia raih.

Farhan asli Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Usai lulus dari SMA Darul Ulum 1 unggulan BPPT Jombang, ia lanjut menempuh studi perkuliahan semester 7 di program Teknik Pengairan, Fakultas Teknik, Universitaa Brawijaya, Malang Jawa Timur.

“Saya masuk tinggi di Malang mulai tahun 2020,” kata Farhan kepada wartawan, Selasa (1/8/2023).

Farhan mengaku pernah mendapat medali Perak National Innovation Project 2019 tingkat nasional. Tahun yang sama mendapat Medali Perak Science Project Competition Lembaga Iysa tingkat nasional, dan Juara 3 Industrial Intelligence Universitas Brawijaya tingkat nasional.

Lantas, pada tahun 2019 juga, Farhan meraih Bronze Medal World Young Inventors Exhibition Itex Malaysia 2019 tingkat Internasional.

“Pada Kompetisi Sains Indonesia POSI 2021 tingkat nasional saya meraih medali perunggu,” ujar Farhan.

Pada tahun 2021, Farhan mendapat prestasi sebagai Duta Pemuda dan Wakil II Guk Kabupaten Jombang dari Dinas kepemudaan, olahraga, dan pariwisata.

“Saya meraih Pendanaan PKM (Progam Kreativitas Mahasiswa) Kementerian , Kebudayaan, Riset Dan 2021 tingkat nasional,” terangnya.

Farhan juga jadi duta Budaya provinsi Jatim dari yayasan Sahabat Pemuda Prestasi 2022 dan yayasan Arunika Cipta Abadi 2022.

“Saya mengikuti mulai di ranah Kabupaten dan Provinsi hingga saya diamanahi menjadi The Winner Duta Budaya Jawa Timur 2022,” katanya.

Sebagai The Winner Duta Budaya Jawa Timur 2022, ia bertanggungjawab untuk melanjutkan estafet perjuangan mewakili Provinsi Jawa Timur di tingkat Nasional, yaitu di Pemilihan Duta Kebudayaan Indonesia 2023.

“Jadi kalau kemampuan memang sudah ada baik dari segi public speaking, catwalk, branding dll, dan tinggal mengembangkan,” bebernya.

Ia juga meraih Juara 2 Karya Tulis Ilmiah Cinnertion ITS 2022 tingkat nasional, kemudian Medali Perunggu Sains Nasional Presmania 2023. dan pada terakhir ini The Winner Duta Pemuda Kebudayaan Indonesia 2023.

Akan tetapi dalam persiapan setiap harinya, ia mengaku terus berlatih berbicara di depan umum, belajar mengenai nusantara, kebudayaan nusantara dan memperluas pengetahuan.

Selain itu juga menjalankan aksi nyata dibidang kebudayaan yang sudah dirinya jalankan sejak 2021 bernama “Muda Berta”.

“Tujuannya yakni mengajak generasi muda untuk berkegiatan kebudayaan dan menceritakannya kepada masyarakat,” ujar peneliti muda Indonesia tahun 2019-2020 ini.

Jelang menuju ajang pemilihan duta kebudayaan Indonesia 2023, Farhan mengaku melakukan persiapan ekstra, termasuk pakaian (busana) juga keperluan akomodasi yang serba mandiri.

Mulai biaya sejak pendaftaran yang jumlahnya tidak sedikit, transportasi, akomodasi, pembelian beberapa barang dan lainnya serba mandiri.

“Saya sangat bersyukur saat itu bertemu dengan seseorang yang sangat mulia hatinya bisa mensupport saya, dan mengenalkan saya ke beberapa pihak penting dalam mendukung perjuangan saya menuju ajang Nasional yaitu bernama Bapak Anas Burhani,” kata dia.

Sementara untuk pakaian Farhan mencari support dari beberapa pihak, hingga akhirnya dapat support dari sejumlah fesyen desainer di Jatim.

“Ada yang dari Jombang, Malang, Bojonegoro, Banyuwangi dan lain lainnya,” kata pria yang pernah menjadi dewan juri pemilihan mister carm Jawa Timur di 2022 ini.

Dapatkan update berita menarik hanya di , jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com