Kebakaran Hebat di Kawasan Pemukiman di Jombang, Tiga Rumah dan Satu Mobil Terbakar

, Jurnal – Peristiwa hebat terjadi di kawasan permukiman di Desa Janti Kecamatan Jogoroto, Jombang, Minggu (30/6/2024).

Kebakaran itu mengakibatkan tiga dan satu unit . Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kebakaran tersebut.

“Kerugian materi diperkirakan sekitar Rp600 jutaan,” kata ketua RW setempat, Hafid Ahmad, Minggu (30/6/2024).

Berdasarkan data, tiga rumah yang terbakar itu milik Mahmula (40), Suparno (60) dan Supriyadi (50). Paling parah adalah rumah Mahmula.

Rumah berukuran 10 x 14 meter beserta isinya ludes terbakar. Sementara dua rumah yang berukuran 10 x12 meter terbakar pada ruang tengah berikut satu unit mobil, juga terbakar pada ruangan .

Bermula Mahmula mengetahui adanya api berkobar di gang rumah penyimpanan kertas-kertas dan barang-barang bekas di belakang garasi mobil rumah Suparno.

Setelah itu Api menjalar ke rumah Suparno lalu mengarah ke timur membakar rumah Mahmula dan api ke belakang merembet ke dapur rumah Supriadi.

Hafid saat sedang berada di bengkel tidak jauh dari lokasi mendengar teriakan ibu-ibu yang minta tolong kebakaran.

“Saya langsung ke lokasi. Saya melihat depan mobil brio warna kuning ada api yang sudah membesar,” katanya.

Hafid bersama warga mendatangi lokasi tersebut. Upaya pemadaman api dilakukan secara manual, namun tidak berhasil, justru api semakin besar hingga menghanguskan rumah Mahmula.

Karena kewalahan, warga menghubungi petugas . Tak lama berselang, dua unit mobil pos damkar Mojoagung dan Ngoro serta mobil suplai air beserta personel tiba di lokasi.

“Alhamdulillah setelah dua jam pemadaman, api bisa dipadamkan tanpa ada korban jiwa maupun luka,” kata petugas Pos Damkar Mojoagung Riza Maulana.

Riza menduga penyebab kebakaran itu berasal dari di dalam rumah. “Belum tahu rumah mana yang korsleting. Masih penyelidikan oleh pihak kepolisian,” tandasnya.

Jogoroto AKP Darul Huda menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan olah TKP serta menggali keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian. “Untuk penyebab pastinya masih dalam penyelidikan,” ujarnya.

Dapatkan update  menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com