Sungai Jurang Dandang Meluap, Empat Desa di Nganjuk Terendam

Nganjuk, Jurnal Jatim – Empat  di Lengkong, terendam banjir akibat luapan  Jurang Dandang, pada Selasa (23/4/2024).

Luapan sungai itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Penyebabnya debit air yang besar karena deras sehingga membanjiri hingga empat desa.

Berdasarkan data yang didapat, empat desa yang terendam banjir adalah desa Ngringin, Sawahan, Prayungan dan Banggle.

mengatakan, pihaknya menerjunkan anggota Bhabinkamtibmas untuk membantu warga yang terdampak banjir tersebut.

Bhabinkamtibmas yang diterjunkan bekerja sama dengan Babinsa dan setempat juga memberikan imbauan kepada warga untuk segera mengamankan barang-barang berharganya.

“Sambil menunggu air surut, petugas tak henti – hentinya mengingatkan warga untuk segera mengamankan diri dan mengamankan harta bendanya sehingga kerugian dapat diminimalkan,” kata Muhammad dalam keterangannya, Rabu (24/3/2024).

Ia mengatakan, bahwa sungai Jurang Dandang meluap disebabkan tanggul tidak mampu menampung air karena curah hujan cukup tinggi sehingga air meluap.

“Air meluap ke akses jalan dan sebagian masuk ke dalam rumah warga dengan ketinggian rata-rata air sekitar 20-40 cm,” kata Muhammad.

Dikatakan Muhammad, tidak ada korban jiwa dan material dalam bencana meluapnya air sungai Jurang Dandang tersebut.

“Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan perangkat desa terus memberikan arahan dan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan tidak mendekati area yang tergenang banjir guna menghindari risiko kecelakaan,” tandasnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .