Demam Berdarah Mengganas, 360 Warga Jombang Terinfeksi Virus Dengue, 6 Meninggal

Jombang, Jurnal – Penyakit demam berdarah mengganas. Pasien yang meninggal di Jombang kini bertambah menjadi 6 orang pada bulan ini.

“Sebelumnya ada 5 orang, sekarang bertambah 1 lagi, jadi total 6 orang yang meninggal dunia positif ,” kata Plt Dinas Kesehatan Jombang Syaiful dikonfirmasi JurnalJatim.com, Jumat (1/3/2024).

Syaiful menjelaskan, berdasarkan data secara akumulatif pada Januari-Februari terdapat 360 orang warga Jombang yang terdeteksi infeksi virus dengue (IVD). Mereka ada yang suspek hingga positif DBD.

“Dari jumlah itu ada yang sudah sembuh dan ada juga yang masih dalam perawatan,” kata Syaiful.

Adapun pasien IVD yang positif DBD akumulatifnya ada 140 orang, dan yang masih dalam perawatan di di Jombang berjumlah 36 orang.

“Yang meninggal dunia 6 orang. Pasien keenam itu meninggal dunia di RSUD Jombang pada Kamis (29/2/2024) subuh,” kata mantan sekretaris dinas Perkim Jombang ini.

Staiful tidak menjelaskan secara rinci pasien yang meninggal akibat demam berdarah itu. Namun, tim medis telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kesembuhan pada pasirn tersebut.

“Takdir berkehendak lain, nyawa pasien tidak terselamatkan. Kami turut berduka cita atas meninggalnya korban DBD,” ujar Syaiful.

Syaiful menambahkan, kasus infeksi virus dengue atau IVD terdeteksi meningkat sejak memasuki musim . Ia pun memprediksi pada Februari adalah puncak kasus tersebut.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat selalu dengan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh gigitan Aedes Aeghepty tersebut.

Pada prinsipnya, tegas Syaiful, untuk pencegahan atau penanggulangan Demam Berdarah Dengue adalah dengan lebih mengutamakan gerakan 3M. Yaitu menguras, menutup dan mengubur.

Selain itu, masyarakat juga diminta menjaga kebersihan rumah dan lingkungannya masing-masing dengan rajin menguras bak mandi dan mengeringkan tempat-tempat penampungan air.

Tujuannya agar nyamuk tidak bisa bertelur pada tempat-tempat yang ada genangan air dan terhindar dari demam berdarah.

“Kita setiap Jumat juga telah melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di seluruh wilayah kerja dan sosialisasi 3M kepada masyarakat. (pengasapan) juga kita lakukan di tempat yang terdeteksi DBD untuk membunuh nyamuk itu,” kata Syaiful menandaskan.

Dapatkan update  menarik hanya di .com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter .